Polda Babel Imbau Masyarakat Teliti Sebarkan Informasi

     Pangkalpinang, jurnalsumatra.com – Kepolisian Daerah Kepulauan Bangka Belitung mengimbau masyarakat agar lebih teliti dalam menyebarkan informasi apapun melalui media sosial agar tidak terjerat kasus hukum.
Kabid Humas Polda Kepulauan Bangka Belitung AKBP Abdul Mun’im di Pangkalpinang, Rabu, mengatakan di era digital ini semakin banyak orang yang tidak bertanggung jawab memanfaatkan teknologi dengan membuat dan menyebarkan berita bohong, sehingga masyarakat perlu lebih teliti lagi dalam menyaringnya.
“Kami mengajak semua elemen masyarakat untuk menjadi pribadi yang bijak dalam bermedia sosial. Jika kita tidak bijak tentunya dapat menimbulkan hal-hal yang dapat meresahkan masyarakat, salah satunya perpecahan antarmasyarakat maupun bangsa,” bangsa.
Ia mengatakan, sebelum menyebarkan informasi masyarakat diminta memilah dan telaah segala bentuk informasi yang masuk, jangan mudah percaya dengan berita ataupun postingan yang diterima.

     “Bisa jadi itu adalah berita hoax atau bohong atau fitnah. Harus kita cari kebenarannya terlebih dahulu sebelum meneruskan atau menyebar informasi tersebut dan lakukan klarifikasi terlebih dahulu,” katanya.
Selain itu, jika mendapatkan suatu informasi, tanyakan informasi tersebut kepada penyebar informasi apakah itu benar atau tidak dan dari mana informasi tersebut didapatkan.
“Cek sumber informasi yang didapatkan, apakah dari sumber yang kredibel dan dari situ kita harus berpikir sebelum bertindak. Jika informasi itu mengandung ujaran kebencian kepada suatu kelompok/kaum, maka bisa dipastikan itu berita hoax,” ujarnya.(anjas)

Leave a Reply