Polda Gelar Operasi Zebra Selama 14 Hari

     Surabaya, jurnalsumatra.com – Polda Jawa Timur menggelar operasi dengan sandi “Zebra Semeru 2017” selama 14 hari mulai tanggal 1 sampai 14 November dengan melibatkan 2.557 polisi se-wilayah itu.
Dirlantas Polda Jatim Kombes Pol Ibnu Isticha usai apel gelar pasukan “Operasi Zebra Semeru 2017” di Mapolda Jatim Surabaya, Rabu mengatakan tujuan operasi tersebut dalam rangka cipta kondisi.
“Operasi ini lebih mengedepankan polda penegakan hukum dengan persentase 80 persen penegakan hukum dan 20 preemtif, preventif,” kata Ibnu Isticha.
Ibnu menjelaskan, penegakan hukum diarahkan pada pelanggaran yang berakibat kecelakaan lalu lintas (laka lantas) dan pelanggaran lantas yang berakibat fatalitas laka lantas.
Sementara untuk preemtif, preventif, kegiatan operasi itu dilaksanakan kepada mereka-mereka yang akan menjadi calon pengguna jalan pada tataran anak SMP kelas 9 termasuk SMA kelas 10 yang diharapkan sudah siap nantinya saat menjadi pengguna jalan.
“Operasi ini bukan hanya menyasar pada pelanggaran yang berakibat fatal, tapi juga pelanggaran yang berakibat terganggunya fungsi jalan seperti halnya larangan parkir dan berhenti. Untuk fatalitas contohnya pelanggaran-pelanggaran lawan arus, menerobos lampu merah, marka jalan dan lainnya,” ujarnya.
Dia menargetkan dengan penindakan hukum dalam operasi ini, pelanggaran yang didapat banyak dan mengurangi kecelakaan lalu lintas terutama yang berakibat fatalitas laka.
“Rata-rata dalam satu hari ada lima orang yang meninggal dunia akibat laka di Jatim. Kalau satu bulan dan satu tahun berapa. Ini tidak bisa dihilangkan begitu saja. Menurunkan angka mudah. Pola penegakan hukum, preemtif, preventif ini yang harus berbarengan di seluruh wilayah Polres di Jawa Timur,” kata dia.
Adapaun kekuatan personel yang dilibatkan dalam “Operasi Zebra Semeru 2017” sebanyak 2.557 dengan rincian 240 personel Polda Jatim dan 2.317 personel Satwil jajaran Polda Jatim.
Sementara untuk kekuatan armada yang dilibatkan yakni 630 sepeda motor, 212 unit mobil (R4), 113 unit Laka, 15 unit ambulance, 42 mobil derek dan 95 unit helikopter.(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

seventeen + four =