Polda Kalteng Sediakan Bilik Penyemprotan Disinfektan Pengguna Jalan

Palangka Raya, jurnalsumatra.com – Direktorat Sabhara Polda Kalimantan Tengah menyediakan bilik penyemprotan cairan disinfektan untuk pengguna jalan raya yang melintas di Jalan Yos Sudarso Palangka Raya, baik pejalan kaki maupun pengendara roda dua, untuk mengantisipasi penyebaran COVID-19.

  “Penyemprotan ini bertujuan mengantisipasi penyebaran Coronavirus Disease 2019 (COVID-19) terhadap pejalan kaki dan pengendara roda dua yang melintasi Jalan Yos Sudarso,” kata Direktur Sabhara Polda Kalteng Kombes Susilo Wardono di Palangka Raya, Selasa.

  Penyemprotan cairan disinfektan menggunakan bilik terhadap pengguna jala raya dilaksanakan selama 14 hari.

  Sementara ini baru satu dari dua bilik tersebut yang direncanakan dibangun. Bilik tersebut didirikan di depan Pos Polisi Jalan Yos Sudarso.

  Ia menegaskan bahwa penyediaan bilik bertujuan mencegah penyebaran virus yang sangat berbahaya tersebut agar tidak menular ke masyarakat sebab di Palangka Raya sudah ada tujuh orang yang positif terkena COVID-19.

  “Semoga saja dengan upaya yang kami lakukan ini bisa memutus rantai penyebaran COVID-19 dengan mensterilkan pengendara yang melintas di jalan raya,” katanya.

  Sebelumnya, Ditsabhara Polda Kalteng juga melakukan penyemprotan cairan disinfektan ke sejumlah titik jalan raya di “Kota Cantik” Palangka Raya.

  Selain di jalan raya, juga di tempat perbelanjaan dan fasilitas umum yang tidak luput dari sasaran petugas penyemprot.

  Pihak kepolisian juga melakukan penyemprotan terhadap bangunan rumah pasien yang dinyatakan terkena COVID-19.

  Selanjutnya, kepolisian bersama pemerintah daerah setempat melakukan pembubaran aktivitas pasar malam dan tempat berkumpulnya masyarakat pada saat kondisi tanggap darurat COVID-19.

  Di lokasi yang berbeda, Kapolresta Palangka Raya Kombes Pol. Dwi Tunggal Jaladri menyediakan lima unit ruangan isolasi COVID-19 bagi anggota yang terindikasi virus tersebut. Lima ruangan tersebut berada di lingkungan Polresta Palangka Raya.

  Di samping itu, pihaknya juga menyediakan fasilitas dan armada apabila sewaktu-waktu ada anggota yang terkena.

  “Apa yang kami lakukan tak lain sebagai langkah antisipasi. Saya berharap anggota saya yang bertugas tidak ada terkena dan masalah ini secepatnya berakhir,” kata Jaladri.(anjas)