Polda Papua gelar dialog interaktif kampung tangguh Papeda

Jayapura, jurnalsumatra.com – Polda Papua meggelar dialog interaktif program Polisi Menyapa yang disiarkan melalui siaran RRI Nusantara V Jayapura dengan mengusung tema Kampung Tangguh Papeda.

  Dialog ini digelar di Media Center Bidang Humas Polda Papua dengan narasumber Direktur Binmas Polda Papua Kombes Pol Gatot Aris Purbaya  dan Wadir Binmas Polda Papua AKBP Yamin Dian Priono

  “Bertepatan dengan Hari Bhayangkara ke-74 pada Rabu kemarin, kami bersama bapak Kapolda Papua baru saja meluncurkan  Kampung Tangguh Papeda di Kampung Warbo, Kabupaten Keerom sebagai percontohan,” katanya.

  Kabupaten Keerom, kata dia,  dilihat ada keunggulan tersendiri dibagian sektor pertanian sehingga menjadi pertimbangan untuk dipilih sebagai tempat pembentukan Kampung Tangguh Papeda yang nantinya akan menjadi contoh bagi daerah lain agar melakukan hal yang sama.

  Kampung tangguh ini dibentuk,lanjutnya, dengan melihat berbagai potensi kearifan lokal yang harus kita kembangkan dengan cara mendorong masyarakat untuk membentuk Kampung yang bersih dan sehat serta tangguh melawan dari berbagai dampak dari COVID-19,” katanya.

  “Ini juga akan melaksanakan kegiatan yang bisa membantu dari sektor ekonomi agar nantinya masyarakat bisa memanfaatkan potensi tersebut sehingga tidak harus bepergian ke kota jika tidak ada hal yang mendesak jika memang tidak ada hal hal yang penting,” kata Kombes Pol Gatot.

  Sementara itu, AKBP Yamin Dian Priono mengatakan bahwa pembentukan Kampung Tangguh Papeda ini merupakan wujud kepedulian Polri terhadap masyarakat untuk bersinergi melawan dampak pandemi COVID-19 yang belum diketahui kapan akan berakhir.

  “Kaitan dengan pademi COVID-19 ini banyak kegiatan yang saat ini kita tidak bisa laksanakan di luar ruangan, untuk itu Bhabinkamtibmas ini nantinya berperan membantu masyarakat dengan memberikan sosialisasi agar masyarakat paham bahwa saat ini kita harus mempunya inovasi untuk bagaimana kita menghadapi kedepan tatanan kehidupan normal baru,” katanya.

  Selain itu nantinya juga ada kegiatan “Polisi Pi Ajar” di rumah bukan di sekolah lagi sebagaimana yang sebelumnya dilakukan, dikarenakan saat ini pandemi COVID-19 memaksakan sekolah diliburkan.

  “Maka dari itu kami berniat untuk mengajak anak-anak untuk tetap belajar. Bhabinkamtibmas di Kampung Warbo juga bekerja sama dengan Bidang TIK Polda Papua sehingga di Kampung Warbo nantinya bisa menggunakan jaringan 4G yang nantinya bisa dimamfaatkan oleh masyarakat dan anak untuk belajar dan mencari informasi di internet,” kata AKBP Yamin.

  Sebelumnya bertepatan dengan Hari Bhayangkara ke-74, Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw didampingi Wakapolda Papua Brigjen TNI Yakobus Marjuki dan para pejabat utama Polda Papua serta Bupati Keerom M Markum dan forkompimda setempat meluncurkan program Kampung Tangguh Papeda di Kampung Warbo, Kabupaten Keerom, Papua.

  “Saya ucapkan terima kasih kepada Kapolres Keerom dan Dir Binmas Polda Papua atas terselenggaranya pembentukan Kampung Tangguh Papeda Polda Papua dan sudah berkolaborasi dengan Pemkab Keerom,” kata Irjen Pol Paulus Waterpauw.

  Pada momentum itu, mantan Kapolda Papua Barat dan Sumatera Utara itu meminta kepada warga di Kampung Warbo Kabupaten Keerom pada umumnya untuk tetap waspada terhadap virus corona  dengan melaksanakan protokol kesehatan, seperti cuci tangan pakai sabun, gunakan masker saat beraktivitas di luar rumah dan jaga jarak.

  “Sebagaimana himbauan Presiden Jokowi untuk melaksanakan protokol kesehatan dan jangan khawatir berlebihan, kita selalu melakukan social distancing, menggunakan masker, psychal distancing dan harus banyak mengkonsumsi vitamin dan berjemur banyak di matahari,”katanya.

  “Saya juga menghimbau kepada masyarakat untuk harus berdisiplin, jika tidak terlalu penting jangan turun ke kota dikarenakan penyebaran COVID-19 di Jayapura sangat tinggi dan dalam waktu dekat ini kami Forkompimda Provinsi Papua akan melakukan rapat terkait penyebaran pandemi COVID-19,” katanya lagi.(anjas)