Polda Papua Gelar Simulasi Pengamanan Pilkada

      Jayapura, jurnalsumatra.com – Kepolisian Daerah Papua, Rabu (14/2) menggelar simulasi pengaman pilkada Papua dengan melibatkan sekitar 300 personil.
Simulasi yang dipusatkan di lapangan Brimob Kotaraja itu disaksikan Kapolda Papua Irjen Pol Boy Rafli, Pangdam XVII Cenderawasih Mayjen TNI George Supit dan Komandan Lantamal X Jayapura Brigjen TNI (Mar) Ipung Purwadi.
Dalam simulasi yang berlangsung sekitar tiga jam itu selain menceritakan aksi penembakan saat kampanye pasangan calon dan demo juga aksi penyanderaan ketua KPU.
Ketua KPU yang disandera kelompok sipil bersenjata (KSB) kemudian dibebaskan oleh anggota Brimob yang terlebih dahulu menembak para penyandera.
Para penyandera yang berjumlah enam orang itu juga melengkapi diri dengan bom yang ditanam di sekitar rumah tempat ketua KPU disandera.
Bahkan salah seorang penyandera mempersenjatai dirinya dengan bom sehingga saat ditangkap langsung meledakkan dirinya.

      Kapolda Papua Irjen Pol Boy Rafli mengatakan, simulasi akan dilakukan lagi dengan melibatkan anggota tni sehingga sinergitas dapat terwujud.
Pangdam XVII Cenderawasih Mayjen TNI George Supit sudah menyetujui latihan bersama tni-polri, kata Kapolda Papua Irjen Pol Boy Rafli.
Dikatakan, dengan dilakukannya latihan bersama maka diharapkan pilkada damai dapat benar benar terwujud di Papua.
Aparat keamanan siap mengamankan pelaksanaan pilkada di Papua, kata Kapolda Papua Irjen Pol Boy Rafli.
Pilkada di Papua dilaksanakan ditujuh kabupaten yang melaksanakan pilkada yakni Kabupaten Jayawijaya, Puncak, Mimika, Deiyai, Mamberamo Tengah, Biak Numfor dan Kabupaten Paniai, serta pemilihan gubernur dan wakil gubernur.(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

fourteen − 9 =