Polda Sulut Gelar Rakerwas Tingkatkan Kinerja 2019

Manado, jurnalsumatra.com – Inspektorat Pengawasan Daerah  Polda Sulawesi Utara (Sulut) menggelar rapat kerja pengawasan (Rakerwas) dalam upaya meningkatkan kinerja 2019, di Manado, Selasa
Kapolda Sulut, Irjen Pol Sigid Tri Hardjanto dalam sambutan dibacakan Wakapolda, Brigjen Pol Karyoto mengatakan, kegiatan ini ntuk mengevaluasi kinerja yang telah dilaksanakan sepanjang tahun 2018 serta menganalisis permasalahan dan hambatan yang dihadapi.
“Kegiatan ini juga menjadi momentum penting untuk mempersiapkan tantangan tugas yang akan dihadapi sepanjang tahun 2019,” katanya.
Ia mengapresiasi capaian kinerja yang telah diraih oleh Itwasda Polda Sulut dan jajaran sepanjang tahun 2018.
Antara lain pengamanan agenda nasional Pilkada serentak tahun 2018 pada enam kabupaten dan satu  kota di Sulut.
Kemudian Polda Sulut meraih ranking tiga besar dalam pelaporan “quick wins” Polri tahun 2018, Polres Bitung meraih predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan mendapatkan penghargaan sebagai Penyelenggara Pelayanan Publik dengan kategori baik Tahun 2018 dari Kementerian PAN-RB RI.
Polres Minahasa Selatan meraih penghargaan dari Kakanwil DJPB Provinsi Sulut  sebagai terbaik pertama untuk kategori Satker pengelola APBN dengan Pagu diatas Rp40 miliar.
Pengamanan agenda masyarakat berupa Ramadhan-Idul Fitri dan Natal-Tahun Baru, serta pengamanan tahapan Pemilu 2019 yang tengah berlangsung.
“Diharapkan penyelenggaraan Rakerwas ini akan semakin meningkatkan kesiapan seluruh Satker Polda Sulut dan Polresta, Polres jajaran, dalam menghadapi seluruh tantangan tugas di tahun 2019,” katanya.
Di tahun 2019 ini, lanjut Wakapola, Itwasda Polda Sulut telah menetapkan beberapa program prioritas. 
Salah satunya yaitu mewujudkan aparatur Polri yang proaktif, transparan, dan akuntabel melalui kegiatan pengawasan dan pemeriksaan oleh APIP secara optimal.
Selain itu, di tahun 2019, Itwasda Polda Sulut juga memiliki beberapa strategi, diantaranya, membuka akses lebih luas kepada masyarakat dalam tindak lanjut penanganan pengaduan masyarakat.
Membentuk Satgas Polda Sulut Bersih, Tim Internal Anti Korupsi, Kolusi dan Nepotisme (KKN), serta pelaporan LHKPN.
Rakerwas ini diikuti oleh para Wakapolresta, Wakapolres jajaran beserta Kabag Sumda, Kasiwas, Operator SIMAK BMN, serta Kasubbag Renmin Satker Mapolda Sulut.
Rakerwas menghadirkan para pemateri dari internal dan eksternal antara lain dari BPKP serta KPKN dan Lelang Provinsi Sulut.(anjas)

Leave a Reply