Polda Sumut Amankan Kepala Pasar Marelan Pungli

     Medan, jurnalsumatra.com – Personel Subdit IV Ditreskrimum dan Subdit III Ditreskrimsus Polda Sumut mengamankan Kepala PD Pasar Marelan berinisial AS (48) yang terlibat pungutan liar terhadap korban Rotua Sinaga (48) dalam penjualan meja dagangan.
Pelaksana Tugas Kabid Humas Polda Sumut AKBP MP Nainggolan, di Mapolda, Jumat, mengatakan petugas kepolisian mendapat informasi dari masyarakat adanya pelaku tindak pidana pungutan liar (Pungli) di Pajak Medan Marelan.
Selanjutnya, menurut dia, Team Opsnal yang dipimpin AKBP Leonardo Simanjuntak bersama beberapa anggota melakukan penyelidikan terhadap sejumlah pedagang.
“Namun, ternyata benar telah terjadi jual beli meja dagangan yang dilakukan oleh P3TM dan uang tersebut telah disetorkan kepada Kepala Pasar Marelan,” ujar Nainggolan.

Ia mengatakan, harga satu meja dagangan Rp12 juta, dan uang pangkal sebesar Rp3 juta, selanjutnya dicicil oleh pedagang ke P3TM. Kemudian P3TM menyetorkan uang tersebut Kepala PD Pasar Marelan.
Tim Opsnal mengamankan pelaku tersebut dan menyerahkannya ke Unit Saber Pungli Polda Sumut.
“Petugas juga menyita barang bukti berupa uang tunai Rp2 juta, satu buah tas ransel warna ungu yang berisi berkas kwitansi dan empat unit handphone.
Nainggolan menambahkan, selain meringkus Kepala PD Pasar Marelan, dalam operasi tangkap tangan (OTT)  tersebut.
Petugas kepolisian juga mengamankan tiga orang lainnya terlibat pungli , yakni RM (47) karyawan  P3TM Pasar Marelan,RS (49) anggota P3TM Pasar Marelan dan  MA (50) Bendahara/Sekretaris P3TM Pasar Marelan.
“Polda Sumut, saat ini masih terus memeriksa pelaku pungli dan saksi korban,” kata mantan Kapolres Nias Selatan itu.(anjas)

Leave a Reply