Polisi Amankan Gereja Jelang Paskah Di Garut

     Bandung, jurnalsumatra.com – Kepolisian Resor Garut bersama TNI mengamankan gereja yang akan menjadi tempat peribadatan perayaan Paskah 2018 di kawasan perkotaan Kabupaten Garut, Jawa Barat sejak Kamis (29/3) sebagai upaya memberikan rasa aman dan nyaman bagi jemaat.
Kepala Satuan Sabhara Polres Garut AKP Dudi Tisna Irawan mengatakan, kegiatan pengamanan tersebut sebagai upaya menjaga rasa aman dan nyaman bagi umat yang akan menunaikan ibadah pada perayaan Paskah, Jumat ini.
“Tujuannya untuk memberikan kenyamanan umat saat beribadat,” katanya lagi.
Ia menyampaikan, kepolisian bersama TNI dari Kodim 0611 Garut dan Subden 4 Detasemen A Pelopor Satuan Brimob Polda Jabar telah menyisir seluruh gereja yang akan menjadi tempat peribadatan Paskah.

     Sterilisasi gereja secara manual maupun menggunakan alat metal detector itu, kata dia, untuk memastikan lingkungan di dalam maupun luar gereja dalam keadaan aman tidak ada benda yang membahayakan.
“Ada enam gereja yang disisir petugas, dan hasil penyisiran tidak ditemukan tanda-tanda yang mencurigakan,” katanya pula.
Petugas gabungan itu memeriksa Gereja GII, Gereja Kristen Pasundan, Gereja Pantekosta, Gereja Masehi Advent, Gereja Bethel Injil, dan Gereja Kristen Perjanjian Baru.
Seluruh gereja yang sudah disterilisasi itu langsung disiagakan beberapa personel polisi dan TNI untuk pengamanan secara terbuka yakni berseragam dan dilengkapi senjata, dan pengamanan tertutup yakni berpakaian bebas serta memantau situasi sekitar gereja.
“Pengamanan dilakukan secara terbuka dan tertutup,” katanya pula.(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

fifteen + two =