Polisi Jayapura Musnahkan 129,21 Gram Ganja

Jayapura, jurnalsumatra.com – Kepolisian Resor Jayapura memusnahkan ganja seberat 129,21 gram beserta minuman keras oplosan dalam botol plastik sebanyak 18 botol dengan ukuran 600 mililiter.
Wakapolres Jayapura Kompol Iip Syarif Hidayat ketika dikonfirmasi dari Jayapura, Senin, mengemukakan pemusnahan barang bukti narkotika jenis ganja dan minuman keras oplosan botol plastik dilakukan oleh Sat Narkoba Polres Jayapura di halaman Mapolres Jayapura, Sabtu (29/12).
Pemusnahan yang dilakukan oleh Satuan Narkoba Polres Jayapura itu disaksikan pihak Kejaksaan Negeri Jayapura Yang Melva Rian SH.
Kompol IIp Syarif Hidayat mengatakan, pihaknya memusnahkan barang bukti ganja seberat 129,21 gram dengan tersangka berinisial VCD (25), dan barang bukti minumen keras oplosan botol plastik sebanyak 18 botol ukuran 600 ml dengan tersangka berinisial YTK (45).
“Tersangka yang membawa ganja masih berstatus tahanan di Lapas Narkotika Doyo Baru. Dari informasi diperoleh tersangka sempat melarikan diri, tapi ditangkap kembali,” ujarnya.

   Sedangkan untuk minuman keras jenis boplas dengan tersangka YTK (45), barang bukti yang berhasil diamankan polisi yakni sebanyak 18 botol minuman keras oplosan yang diisi dalam botol plastik dengan ukuran 600 ml.
Tersangka YTK juga membawa barang-barang untuk memproduksi minuman keras, seperti kompor, drum, dandang, dan jeriken.
“Tersangka VCD (25) kami jerat dengan pasal 111 ayat (1) subsider 127 ayat (1) huruf a UU RI No. 35 Tahun 2009 tentang Penyalahgunaan Narkotika,” ujarnya lagi.
Tersangka YTK dijerat dengan pasal 204 ayat (1) KUHP dan pasal 140 UU RI Nomor 18 Tahun 2012 tentang menjual, menawarkan barang yang diketahui membahayakan nyawa atau kesehatan orang dan memproduksi.
Selanjutnya, memperdagangkan pangan yang dengan sengaja tidak memenuhi standar keamanan pangan.
Kedua tersangka diancam hukuman maksimal 12 tahun penjara.(anjas)

Leave a Reply