Polisi Pantau Titik Rawan Pemudik Jelang Lebaran

     Banjarmasin, jurnalsumatra.com – Kepolisian Hulu Sungai Utara saat ini sedang memantau beberapa titik rawan kamtibmas bagi pemudik yang akan melintas di wilayah itu.
Kapolres Hulu Sungai Utara (HSU) AKBP Agus Sudaryatno di Amuntai, Kamis, mengatakan ada empat titik rawan gangguan kamtibmas jelang lebaran.
“Melalui operasi Ketupat Intan 2018 aparat kepolisian bersama unsur pemerintah dan masyarakat akan berupaya  menjaga situasi kamtibmas jelang lebaran agar tetap kondusif,” ujar Agus.
Ia mengatakan, beberapa titik rawan yang dipetakan pihak kepolisian berdasarkan pengalaman sebelumnya akan fokus pada empat aspek.
“Stabilitas harga pangan, pengaturan arus mudik dan balik, bencana alam dan tindak kejahatan seperti pencurian, gendam atau hipnotis serta tindak pidana terorisme,” katanya.

Agus yang juga menyampaikan amanat Kapolri pada gelar apel pasukan operasi Ketupat Intan 2018 di Halaman Mapolres HSU pada Rabu (6/6) meminta aparat kepolisian untuk menjamin kerja sama dan koordinasi dengan berbagai elemen pemerintah daerah serta masyarakat.
“Upaya preventif atau pencegahan tentu lebih diprioritaskan untuk pengamanan lebaran, sehingga Polri perlu kerja sama dan koordinasi dengan berbagai pihak,” katanya.
Ia mengatakan, ada beberapa pos penjagaan dibangun di berbagai titik keramaian seperti di depan Taman Puteri Junjung Buih, depan terminal dan perairan Kecamatan Paminggir.
Bupati HSU Abdul Wahid di Amuntai mengatakan dalam operasi Ketupat Intan pihaknya mengimbau bagi masyarakat yang mudik agar meninggalkan rumah dalam kondisi aman dengan melaporkan kepada RT atau aparat terdekat.
“Pastikan rumah anda dalam keadaan aman, dan saat mudik selalu patuhi rambu-rambu lalu lintas dan berhati-hati di jalan raya,” katanya. (anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 × 4 =