Polres Bangka Siapkan 81 Personel Bhabinkamtibmas

    Sungailiat, jurnalsumatra.com – Polres Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menyiapkan 81 personel Bhabinkamtimas untuk membantu pembinaan masyarakat di tingkat desa dan kelurahan.
Kapolres Bangka, AKBP M Budi Ariyanto di Sungailiat, Senin, mengatakan 81 personel Bhabinkamtimbas ditugaskan untuk melakukan pembinaan masyarakat, deteksi dini dan mediasi, negosiasi agar tercipta kondisi yang kondusif di desa  kelurahan.
Dengan ditempatkan personel Bhabinkamtimas di masing-masing desa dan kelurahan diharapkan akan terwujud keamanan dan ketertiban di wilayah tersebut.
“Personel Bhabinkamtibmas berada di posisi terdepan menjalankan tugasnya dari hulu sampai hilir di wilayah kerjanya,” katanya.

Salah satu fungsi Bhabinkamtibmas sebagaimana ketentuannya, melaksanakan kunjungan atau sambang kepada masyarakat untuk mendengarkan keluhan warga masyarakat tentang permasalahan Kamtibmas dan memberikan penjelasan serta penyelesaiannya, memelihara hubungan silaturahmi atau persaudaraan.
Kapolres mengatakan bagian tugas pokok Bhabinkamtimas adalah memberikan bimbingan dan petunjuk kepada masyarakat atau komunitas berkaitan dengan permasalahan Kamtibmas dan pelayanan Polri.
Bhabinkamtibmas diberikan kewenangan, menyelesaikan perselisihan warga masyarakat atau komunitas, mengambil langkah-langkah yang diperlukan sebagai tindak lanjut kesepakatan  Forum Kemitraan Polisi Masyarakat (FKPM) dalam memelihara keamanan lingkungan.
Mendatangi tempat kejadian perkara dan melakukan tindakan pertama di tempat kejadian perkara. Mengawasi aliran kepercayaan dalam masyarakat yang dapat menimbulkan perpecahan atau mengancam persatuan dan kesatuan bangsa.(anjas)

Leave a Reply