Polres Banjarbaru Luncurkan Aplikasi Panic Button “Siharat”

    Banjarmasin, jurnalsumatra.com – Polres Banjarbaru, Kalimantan Selatan telah meluncurkan pelayanan kepolisian berbasis aplikasi “Siharat” bagi masyarakat setempat melalui tombol panic button yang bisa dipencet setiap saat dalam situasi darurat.
“Tombol panik sangat berguna jika kami ingin meminta bantuan polisi saat ada tindak kejahatan,” ujar Rahmadi, salah satu warga Banjarbaru, Rabu.
Pria yang bermukim di Jalan Kasturi 2, Kelurahan Syamsudin Noor, Kecamatan Landasan Ulin itu mengaku pernah memencet tombol panik tersebut ketika melihat ada sekelompok pemuda yang sedang mabuk sehingga membuat resah warga.
“Saat itu juga polisi dari Polsek Banjarbaru Barat langsung datang dan mengamankan para pemabuk hingga sekarang kampung kami aman,” katanya lagi.
Kehadiran Siharat yang bisa diunduh di Google Play Store itu memang disambut antusias warga Banjarbaru. Selain beragam pelayanan bisa dilakukan melalui online seperti pembuatan SIM, SKCK dan Surat Pemberitahuan Perkembangan Hasil Penyidikan (SP2HP), ada juga fitur unggulan seperti panic button untuk melaporkan tindak kejahatan, kebakaran hingga kemacetan dan kecelakaan lalu lintas.
Sedikitnya ada dua kasus menonjol terungkap berkat aplikasi Siharat yang digunakan masyarakat pada awal peluncurannya.
Pertama pada Minggu (18/2), ketika sekelompok pemuda yang sedang mabuk minuman keras diamankan anggota Unit Patroli Sabhara Polres Banjarbaru di Jalan Gotong Royong berkat tombol panik yang dipencet warga.
Kemudian Polres Banjarbaru berhasil menggagalkan aksi percobaan pencurian mobil pada Selasa (27/2) di Jalan Bukit Raya Indah, Kelurahan  Loktabat Selatan, Kecamatan Banjarbaru Selatan.

     Petugas yang tiba di lokasi dalam waktu tiga menit membuat pelaku bergegas melarikan diri, sehingga mobil milik Arifin Tjie (40) aman dari pencurian dengan modus pecah kaca tersebut.
“Alhamdulillah, Siharat bisa mempercepat warga mendapatkan pelayanan dan bantuan dari kami, karena tanda atau panggilan dari masyarakat melalui aplikasi otomatis akan masuk kepada seluruh jajaran dan anggota terdekat akan segera menindaklanjutinya,” kata Kapolres Banjarbaru AKBP Kelana Jaya.
Aplikasi Siharat yang merupakan akronim dari Siap Hadapi Beragam Kejahatan, Kelana berharap personel Polres Banjarbaru benar-benar hadir di tengah masyarakat kapan pun dan di mana pun berada.
“Jadi silakan masyarakat Kota Banjarbaru dan sekitarnya untuk segera men-download aplikasi itu untuk bisa mendapatkan berbagai kemudahan dalam layanan dan juga sebagai pelindung diri dari tindak kejahatan, karena ketika tombol panik dipencet tak berapa lama anggota langsung tiba di lokasi,” ujar alumni Akpol angkatan tahun 2000 itu lagi.
Sejak memegang tongkat komando pada Mei 2017 lalu, AKBP Kelana Jaya terus berinovasi membuat program untuk meningkatkan kinerja Polres Banjarbaru demi pelayanan terbaik kepada masyarakat.
Menurutnya, semua itu dilakukan sesuai penjabaran dari Program Promoter Kapolri Jenderal Tito Karnavian dan pesan moral Kapolda Kalsel Brigjen Rachmat Mulyana.
Salah satu yang terus digaungkan perwira asli putra daerah itu adalah Program Tebar Pesona (Tekan Bersama Permasalahan Sosial dan Narkoba).(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 × 4 =