Polres Bogor: Lalulintas Tol Bocimi Ramai Lancar

    Cibinong, Bogor, jurnalsumatra.com – Polres Bogor, Jawa Barat menyatakan arus lalulintas pada jalur Tol Bocimi (Bogor-Ciawi-Sukabumi) ramai lancar dengan kecepatan 70 kilometer per jam pada “H-3” Lebaran 1439 Hijriah.
“Itu terjadi pada pukul 20.00 WIB sampai sekarang kondisi lalulintas lancar tanpa adanya kendala,” kata Kepala Satuan Lalulintas Polres Bogor, AKP Hasby Ristama di Cibinong, Selasa malam.
Menurut dia kondisi ini dikarenakan masyarakat sudah melakukan mudik ke kampung halamannya jauh-jauh hari.
Selain itu, juga dikarenakan masyarakat lebih menggunakan transportasi umum seperti jasa kereta api maupun bus untuk sampai pada daerah arah Cianjur dan Bandung.
Dalam hal ini tetap dilakukan penjagaan atau pun pengamanan di mana pada beberapa titik arah Sukabumi belum terdapat rambu-rambu lalulintas maupun penerangan jalan.
Namun, guna menjaga agar tidak terjadi sesuatu hal, meminta pengendara tetap berhati-hati dan melaju dengan kecepatan 60 kilometer per jam.
Ini dilakukan, di mana kondisi pada ruas jalan tol masih berdebu dan tentunya akan berpengaruh terhadap jarak pandang.

    Ia menambahkan untuk kendaraan roda dua maupun empat dengan rute arah puncak dati Simpang Gadog masih terlihat lancar.
“Kemacetan sering kali disebabkan oleh adanya rumah makan yang berada di sisi kanan jalan dan banyaknya mobil menyebrang untuk melanjutkan perjalanan,” tuturnya.
Sementara itu, Kepala Bidang Pengawasan Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bogor Bisma Wisuda membenarkan bila pada arus mudik tahun ini tidak menunjukkan kemacetan padat.
“Tapi itu belum bisa dipastikan, karena kepadatan lalulintas bisa kapan saja terjadi dan penyebabnya bisa apa saja,” ujarnya.
Namun, hal tersebut tentunya akan ada kebijakan-kebijakan yang akan dikeluarkan guna mengatur lalulintas.
Itu antaranya memberlakukan sistem satu arah pada jam-jam tertentu, pembukaan satu jalur pada sisi berlawanan (Contra Flow).(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

seven + fourteen =