Polres dan KTNA Minahasa panen ubi Jalar

Minahasa, jurnalsumatra.com – Kepolisian Resort Minahasa bersama Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA), dan Komunitas Petani Milenial Minahasa, melaksanakan panen perdana ubi jalar di Kecamatan Langowan Barat,Minahasa Jumat.

  “Kegiatan ini sangat baik,  dalam upaya menjaga stabilitas dan ketersediaan pangan masyarakat selain beras,” kata Wakapolres Minahasa Kompol Ahmad Sutrisno di Tondano, Jumat.

  Sutrisno memberikan apresiasi atas peran para pemuda di Minahasa yang aktif menggairahkan sektor pertanian.

  “Adanya kelompok tani milenial di Minahasa, mampu menekan angka kriminalitas. Apalagi dengan ide kreatifnya mampu memanfaatkan setiap lahan pertanian untuk ikut menjamin ketersediaan pangan di tengah pandemi COVID-19,” katanya.

  Ketua KTNA Minahasa Fenny Lumanaw memberikan apresiasi kepada para generasi muda yang mulai aktif terlibat dalam sektor pertanian.

  “Keterlibatan para generasi muda tentunya sangat penting, apalagi ini dalam pemenuhan kebutuhan pangan di masyarakat. Kami dari KTNA sangat mengapresiasi keterlibatan para pemuda ini,” ujarnya.

  Ia berharap ke depannya semakin banyak petani muda di Minahasa yang aktif terlibat dalam pertanian, khususnya di tengah pandemi COVID-19.

  Donny Rumagit yang mewakili petani Langowan mengatakan, sektor pertanian harus mendapatkan perhatian serta perlindungan yang lebih dari pemerintah khususnya di tengah pandemi saat ini.

  “Sektor pertanian harus menjadi perhatian utama saat ini, karena hanya sektor ini yang mampu diandalkan untuk bertahan di tengah kondisi pandemi seperti sekarang. Namun harus juga menjadi perhatian terhadap perlindungan terhadap petani,” ujar Donny yang juga tokoh masyarakat di Langowan.

  Ia mengungkapkan, para petani di daerahnya mempunyai peran penting dalam penyediaan kebutuhan pangan bukan hanya di Minahasa, tapi juga di Provinsi Sulawesi Utara.

  “Hasil produksi petani di Langowan merupakan salah satu penyumbang terbesar dalam pemenuhan kebutuhan pangan di Sulawesi Utara. Sehingga keterlibatan dari para petani khususnya para generasi muda harus mendapatkan dukungan penuh,” ujarnya.

  Dia pun memberikan apresiasi terhadap peran dari Polres Minahasa, Pemkab, dan KTNA yang mendukung setiap program pertanian bagi generasi muda di daerah.(anjas)