Polres Jayapura Terima Penghargaan Dari Kemen PAN-RB

Jayapura, jurnalsumatra.com – Polres Jayapura menerima penghargaan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) terkait pelayanan publik terhadap masyarakat di Kabupaten Jayapura, Papua.

  Kapolres Jayapura AKBP Victor Dean Mackbon ketika dihubungi dari Kota Jayapura, Kamis malam mengatakan pemberian penghargaan dipimpin oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Tjahjo Kumolo di Holiday Inn, Jakarta Utara, pada Rabu (20/11).

  “Penghargaan ini diberikan berdasarkan penilaian Evaluasi Pelayanan Publik yang dilakukan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara, dimana Polres Jayapura pada periode sebelumnya (semester 1) tahun 2019 mendapat nilai B- (B Min) telah meningkat menjadi nilai B atau Predikat Baik pada semester 2,” katanya.

  Menurut dia, upaya Polres Jayapura dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat dan berujung pada penghargaan tersebut, merupakan buah kerja keras segenap personel Polres Jayapura.

  “Sekaligus merupakan wujud nyata dari komitmen kami dalam mempertahankan dan mengembangkan Predikat Zona Integritas menuju WBK dan WBBM yang telah diraih oleh Polres Jayapura pada tahun 2018 dari Wakil Presiden Indonesia Muhammad Jusuf Kalla, yang dilangsungkan di Ballroom The Sultan Hotel and Residence Senayan, Jakarta,” katanya.

  Sekedar diketahui, Evaluasi Penilaian Pelayanan Publik oleh Kemenpan RB dilaksanakan setiap semester, yang mana bila kualitas pelayanan publik pada suatu instansi atau lembaga tertentu mengalami penurunan (pelayanan buruk) maka sebagai konsekuensinya Predikat Zona Integritas menuju WBK dan WBBM dapat dicabut oleh Kemen-Pan RB.

  Setelah meraih penghargaan pada hari ini, mantan Kapolres Mimika itu, mengaku tidak akan berpuas diri, melainkan semakin memperteguh komitmen untuk terus berupaya dan berinovasi guna meningkatkan kualitas pelayanan publik bagi masyarakat Jayapura, sehingga pada semester berikutnya diharapkan dapat meningkat menjadi A atau A-.

  “Tentunya, dalam mencapai target tersebut dibutuhkan sinergitas semua pihak, selain dari jajaran saya, personel Polres Jayapura, juga dukungan dari warga Kenambay Umbay atau warga Kabupaten Jayapura dan Papua pada umumnya. Penghargaan ini terkait pelayanan SIM dan SKCK,” katanya.(anjas)