Polres Lahat Bekuk Pelaku Pencuri Motor

LAHAT , jurnalsumatra.com –  Polres Lahat bersama jajarannya tidak akan pernah main main terhadap pelaku kriminal seperti, pencurian dengan kekerasan (Curas) pencurian dengan pemberatan (Curat) dan, pencurian kendaraan bermotor (Curanmor).

Keseriusan ini dibuktikan, dengan kepemimpinan Kasat Reskrim AKP Satria Dwi Darma SIK dengan kerja keras serta penyelidikan yang mendalam dilapangan bersama Team Panther Polres Lahat, dalam membongkar dan menangkap para pelaku tindak kejahatan baik Curas, Curat, dan Curanmor (3C) yang selama ini, menggerayangi wilayah hukum Polres Lahat.

Setidaknya, satu persatu para pelaku tindak kriminal ini, berhasil dicokok oleh Team Panther Polres Lahat. Seperti LP/B-33/X/2018/SS/RES LHT/Sek Merapi, Tanggal 04 Oktober 2018. Telah terjadi, pencurian dengan pemberatan (Curat) sebagaimana dimaksud dalam Pasal 363 KUHP.

Berbekal laporan korban Yobi Andreansyah (18) warga Dusun I Desa Muara Siban, Kecamatan Pulau Pinang, Kabupaten Lahat. Serta dukungan dari kesaksian Wahyu Handoko (20) warga Desa Muara Siban, Kecamatan Pulau Pinang, dan Dendi Suedirman (18) warga Kelurahan Bandar Agung, Kecamatan Lahat, Kabupaten Lahat.

Melalui proses penyelidikan yang cukup panjang, akhirnya, Tersangka yang bernama Bakhtiar (33) warga Desa Gunung Kerto, Kecamatan Kikim Timur, Kabupaten Lahat, berhasil ditangkap.

Kapolres Lahat AKBP Feri Harahap SIK melalui Kasat Reskrim Polres Lahat AKP Satria Dwi Darma SIK didampingi Baur Humas Polres Lahat IPDA Sabar T menjelaskan, ditangkapnya pelaku Bakhtiar ini, berkat penyelidikan mendalam dan didukung dari bukti serta saksi yang ada.

“Tersangka terlibat pencurian dengan pemberatan (Curat) sebagaimana diatur dalam Pasal 363 KUHP. Untuk TKP Desa Lebak Budi Kecamatan Merapi Barat, Kabupaten Lahat, ” ungkap Sabar, Minggu (2/12/2018), kemarin dalam kiriman grup WA Polres Lahat.

Diceritakan Sabar T, untuk kronologis kejadian pada hari Kamis (4/10/2018) sekira pukul 02.30 WIB, bertempat di Desa Lebak Budi Kecamatan Merapi Barat, Kabupaten Lahat, saat itu korban menonton acara Orgen Tunggal (OT) dan memarkirkan Sepeda Sotor (SPM) merk Honda Bead warna Biru Putih dengan Nomor Polisi (Nopol) BG 4662 EY di sekitar TKP.

Usai menonton OT dan korban hendak pulang. Setiba dilokasi parkir betapa terkejutnya korban, melihat motor miliknya sudah tidak ada lagi. Lalu, dengan kejadian itu, korban mengalami kerugian materil sebesar Rp.17.000.000,-(tujuh belas juta rupiah).

“Setelah mendapat laporan dari korban, petugas langsung melakukan olah TKP dan pelaku berhasil diamankan pada Minggu (2/12/2018) sekitar pukul 00.30 WIB di Desa Lubuk Payang, Kecamatan Merapi Kabupaten Lahat, ” jelasnya.

TSK Bahtiar ini, kata Sabar T, disangkakan dan dikenakan sebagai pelaku pencurian dengan pemberatan (Curanmor) didaerah Merapi Barat, Kabupaten Lahat berdasarkan hasil keterangan dari kedua saksi yang ada, dan didukung alat bukti lainnya.

“Jadi, dari keterangan kedua saksi inilah dan alat bukti dukungan lainnya, anggota Reskrim Polsek Merapi bergerak melakukan penangkapan. Lalu, TSK langsung dibawa ke Polres Lahat, guna untuk menjalani pemeriksaan dan proses hukum lebih lanjut,” pungkas Sabar T. (Din)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

three × 3 =