Polres Lahat Optimalkan Call Centre 110

Lahat, jurnalsumatra.com – Untuk meminimalisir terjadinya tindak kejahatan dan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) sedini mungkin, Polres Lahat memberi layanan cepat Call Centre 110 bagi masyarakat yang ada diwilayah Hukum Polres Lahat.

Kapolres Lahat AKBP Ferry Harahap SIK M.Si melalui Kasat Binmas disampaikan KBO IPDA Yuslan mengatakan, untuk memberikan laporan via telpon warga Lahat tidak dikenakan biaya alias gratis.

Ia menjelaskan, dengan menghubungi Call Centre 110 masyarakat akan dengan cepat menerima layangan dari pihak Kepolisian dimanapun berada khususnya diwilayah Hukum Polres Lahat.

“Namun, untuk laporan yang disampaikan tidak bersifat pribadi karena yang dilayani adalah laporan jika disekitar tempat tinggal warga melihat atau mengetahui adanya aksi kejahatan,” tambahnya.

Usai mendapat laporan, sambung Yuslan, petugas piket akan langsung menindaklanjuti dan menghubungi Polsek terdekat untuk segera mendatangi lokasi yang dilaporkan.

“Akan tetapi, laporan yang disampaikan harus benar dan serius tidak bersifat Pribadi. Namun, kalau laporannya hanya bersifat Curhat maka masyarakat jangan berkecil hati tidak akan kami layani,” pesan Yuslan secara tegas.

Menurut Yuslan, meskipun layanan Call Centre 110 di Optimalkan, program sistem keamanan lingkungan (Siskamling) tetap digalakkan seluruh petugas Babinkabtibmas Polres Lahat akan selalu siap siaga memberikan pelayanan dan hadir ditengah masyarakat.

“Untuk siskamling terus berjalan. Sedangkan tujuan dioptimalkannya Call Centre 110 supaya masyarakat tidak perlu datang kekantor melainkan bisa laporan cukup melalui Via Telpon,” terangnya.

Akan tetapi, menurut Yuslan, Call Centre ini juga untuk pengamanan Karhutla yang saat ini menjadi salah satu fokus utama Polres Lahat, sebab dimusim kemarau akan berpotensi terjadi kebakaran lahan.

“Disinilah masyarakat dapat melaporkan dengan cukup menghubungi nomor 110 jika menemui adanya titik api. Intinya, sekecil apapun api akan menjadi perhatian serius. Lahan yang kering akan sangat mudah terbakar dan bagi masyarakat yang sengaja membakar lahan akan dikenakan sanksi sesuai aturan serta UU yang berlaku,” imbuhnya dengan lugas. (Din)