Polres Mataram Siagakan Personel Pengamanan Gereja

    Mataram, jurnalsumatra.com – Kepolisian Resor Mataram, Nusa Tenggara Barat, menyiagakan personel pengamanan di setiap gereja atau rumah ibadah umat kristiani yang akan menjadi lokasi perayaan Natal 2018.
“Dengan keberadaan personel ini kami harapkan perayaan Natal 2018 dapat berjalan dengan hikmat dan tenteram,” kata Kabag Ops Polres Mataram Kompol Taufik di Mataram, Minggu.
Bahkan untuk lebih memastikan giat peamanannya lapangan, Kabag Ops Polres Mataram didampingi anggotanya pada Minggu sore, melaksanakan pengecekkan ke sejumlah rumah ibadah umat Kristiani yang menjadi lokasi perayaan Natal 2018.
Rumah ibadah umat Kristiani yang dikunjunginya, antara lain bertempat di Gereja GPDI Mayura dan Gereja GKT Gloria, wilayah Cakranegara. Kemudian Gereja Santo Antonius Padua, yang berada dekat dengan Mapolres Mataram.
“Sampai dengan saat ini, hasil pengecekan personel dan situasi lapangan, semuanya dalam keadaan aman dan terkendali,” ujarnya.

  Pengamanan perayaan Natal 2018 di jantung kota NTB ini merupakan bagian dari tugas kepolisian yang digelar secara terpusat dalam sandi “Operasi Lilin 2018”.
Giat pengamanan telah diawali dengan pengecekan atau sterilisasi pada Sabtu (22/12) lalu. Dalam giat sterilisasinya, Polres Mataram dibantu Tim Gegana Brimob Polda NTB untuk melacak benda-benda yang mencurigakan dengan menggunakan alat detektor logam.
Ada lima tempat ibadah umat kristiani yang di sterilisasi Tim Gegana, antara lain Gereja Katolik Santa Maria Imaculata, Gereja Pantekosta Maranata, Gereja Bethel Rock Gosa Indonesia Mataram, Gereja Protestan di Indonesia bagian Barat (GPIB) Immanuel Mataram, dan Gereja Santo Antonius Padua.
Dari hasil pengecekannya, kepolisian menyatakan kondisi rumah ibadah yang akan menjadi lokasi perayaan Natal 2018, telah steril dari segala potensi gangguan.
Dalam giat “Operasi Lilin 2018”, Polres Mataram menyiapkan 749 personel gabungan. Ratusan personel dari berbagai stakeholder pengamanan ini disiapkan untuk mengamankan perayaan Natal 2018 dan juga malam pergantian tahun.(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

fourteen + 17 =