Polres Merauke Gelar Patroli Dialogis

Jayapura, jurnalsumatra.com – Satuan Samapta (Satsamapta) Polres Merauke menggelar patroli dialogis di sejumlah jalan utama dan kompleks di Kabupaten Merauke, Provinsi Papua, Senin.

  Namun, sebelum kegiatan itu dilaksanakan, Kasat Samapta Polres Merauke Iptu Ahmad Nurung memberikan arahan kepada anggotanya untuk meningkatkan patroli dengan memberikan imbauan dan menyampaikan pesan-pesan kamtibmas secara langsung kepada masyarakat ataupun pemuda.

  Ia menjelaskan Bripda Awi memimpin tujuh anggota pengendalian massa (dalmas) melakukan patroli di seputaran Kota Merauke, dengan rute jalan Brawijaya, TMP, Jalan Aru, Jalan Transito, Pos KP3 Laut ,Jalan Raya Mandala, Jalan Nowari dan Pos Musamus.

  Patroli dialogis tersebut dilakukan untuk memberikan rasa aman dan himbauan kepada warga masyarakat/para pemuda yang sedang nongkrong.

  Dalam kesempatan itu, Bripda Awi dan anggota patroli menghampiri para pemuda yang sedang nongkrong dan menyampaikan himbauan agar tidak mengonsumsi minuman keras (miras) ataupun penyalahgunaan narkoba, karena selain dapat merusak kesehatan,

  Selan itu, juga berpotensi dapat melakukan tindak kejahatan karena minuman keras dan narkoba bisa merusak mental seseorang dan merusak saraf sehingga dapat mengarah melakukan perbuatan kriminalitas maupun pergaulan bebas.

  Kasat Samapta Iptu Ahmad Nurung mengatakan bahwa dengan meningkatkan patroli dialogis kepada warga sekaligus menyampaikan pesan-pesan kamtibmas.

  “Maka dapat mengantisipasi tindakan kriminalitas serta mendapat informasi yang lebih banyak dari warga. Ya, tentunya itu semua demi terwujudnya keamanan di Kota Merauke,” katanya.

  Ia juga menyampaikan bahwa tidak hanya patroli dialogis saja yang dilakukan, tetapi saat melihat keramaian di sekolah-sekolah.

  “Personel kami juga melaksanakan pengaturan di depan SD Budi Mulia untuk mengatur arus lalu lintas,” demikian Ahmad Nurung.(anjas)