Polres OKI Gelar Rakor Ops Ketupat Musi 2018

KAYUAGUNG, jurnalsumatra.com  – Jelang hari raya Idul Fitri 1439 Hijriah, Kepolisian resort Ogan Komering Ilir (OKI) Provinsi Sumatera Selatan menggelar rapat koordinasi lintas sektoral yang dilaksanakan di aula rapat Mapolres OKI, Kamis (31/5/2018).
Kegiatan itu sebagai bentuk persiapan Operasi Ketupat Musi 2018 yang tak lama lagi akan digelar, Dimana rapat tersebut dipimpin langsung Kapolres OKI AKBP Ade Harianto, SH.,MH didampingi PJU Polres OKI dan Kapolsek jajaran Polres OKI.
Selain itu, dihadiri juga Plt Bupati OKI HM, Rifai, SE, Dandim 0402/OKI Letkol Inf Seprianizar, S.Sos, Kasat Pol PP dan Damkar OKI Aleksander Bustomi, Kadinkes OKI HM Lubis, SKM.,MKes, kadishub OKI diwakili Kabid Ops M Yusuf dan instansi atau stakeholder lainnya serta pihak SPBU Jalintim OKI.
Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Ops Ketupat Musi 2018 ini dimulai dengan Kata Sambutan dari Kapolres OKI, Dandim 0402/OKI, Plt Bupati OKI serta dilanjutkan dengan Paparan Kabag Ops Polres OKI dan Pendalaman dari masing-masing Instansi terkait.
Adapun Penekanan yang disampaikan dalam Rakor Ops Ketupat Musi 2018, seperti diutarakan Plt Bupati OKI HM Rifai, SE bahwa pihaknya (Pemkab OKI – Red) akan membuat Pos Rafi bersifat Swadaya, seandainya ada hal – hal yang tidak diharapkan 7 Puskesmas disepanjang jalintim akan kami siagakan selama 24 jam.
“Dan tidak menutup kemungkinan akan kami siapkan juga puskesmas Jejawi yang berada di jalur Alternatif Kayuagung – Palembang. Intinya Pemkab OKI siap mendukung Polres OKI dalam melaksanakan Operasi Ketupat Musi 2018,”ujar Rifai.
Kapolres OKI AKBP Ade Harianto, SH.,MH mengatakan, Memerlukan kesiapan kita dalam pengamanan Arus Mudik, yang akan mengalami kenaikan 30 persen terutama pada puncak lebaran. Oleh karena itu, Lakukan Mapping Lokasi Rawan Macet, Rawan Kecelakaan, Rawan 3C.
“Datakan juga Rumah Sakit, Puskesmas, dan Nomor – Nomor Penting serta tentukan dimana saja Pos yang akan dibuat, baik Pos Yan, Pos Pam maupun Pos Terpadu. Mengenai akan ada Rafi, silakan untuk membuat pos di Polsek – Polsek,”Tegas Kapolres
Dengan Rapat koordinasi ini, Katanya lagi, Polres OKI dan jajaran akan berupaya semaksimal mungkin memberikan pengamanan dan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat yang akan melaksanakan mudik maupun balik pada saat perayaan Idul Fitri 1439 H tahun 2018 ini.
Kabag Ops Polres OKI Kompol Yudha, Sik menambahkan, Dalam pelaksanaan Pengamanan Arus Mudik Lebaran tahun ini Kami Memaksimalkan Kekuatan Anggota. Polres OKI akan melibatkan instansi terkait dalam pengamanan seperti dari Kodim 0402/OKI dengan meminta bantuan 18 personilnya.
“Dinas Perhubungan 24 personil, Satpol PP dan Damkar 18 personil, Balai besar, Dinas Kesehatan 12 personil dan Senkom. Untuk Pengamanan tempat Wisata air dan Midang kami akan melibatkan BPBD dan Dinsos OKI,” kata Yudha.
Lanjut Yudha, Kita akan cek Jalintim setelah kegiatan gelar pasukan pada 6 juni 2018 nanti dan Kita juga akan antisipasi kebakaran saat masyarakat Mudik serta siapkan alat pemotong dalam membantu kecelakaan lalu lintas,
“Selain itu, kita juga akan lakukan pengecekan Urine para sopir dan kelayakan jalan bus pemudik. Yang paling penting mohon dilatihkan Penanganan pertama kecelakaan kepada petugas pos Pam,”ungkap Yudha.
Dandim 0402/OKI Letkol Inf Seprianizar, S.SOs dalam kesempatan itu mengatakan, Dalam hal ini Kodim 0402/OKI berencana akan membuat Pos Rest Area tetapi belum ada petunjuk saat rapat di Polda. Namun kami TNI siap Membackup jika di butuhkan untuk rangkaian kegiatan pengamanan operasi ketupat Musi 2018.
“Kodim 0402/OKI siap mendukung Polres OKI dalam pelaksanaan Operasi ketupat Musi 2018 dan akan memberikan bantuan pengamanan personil dari Kodim sesuai dengan jumlah yang dibutuhkan,”Kata Seprianizar
Hal senada diungkapkan Kasat Pol PP dan damkar OKI Aleksander Bustomi, Pol PP siap mendukung pengamanan Arus Mudik Lebaran. Mengenai Pos Pam anggota Pol PP siap ditempatkan di 3 Pos yaitu Mesuji, Lempuing Jaya dan Teluk Gelam.
“Terkait adanya titik macet Karena adanya Pasar tumpah, kami akan berkoordinasi dengan Satlantas untuk melakukan Pam di Lokasi tersebut dan
Kami juga akan melaksanakan Patroli Selama Bulan Ramadhan,” ujar Alek.
Sementara itu, Kadishub OKI Syaiful Bahri diwakili Kabid Ops Dishub OKI M Yusuf menuturkan, Kemungkinan kami menyiapkan lebih dari 6 Personil. Untuk Mobil Derek Belum ada tanggapan dari provinsi tetapi yang jelas setiap tahun Dishub menganggarkan Dana untuk anggota yang Pam.
“Dishub OKI pada intinya siap membantu dan Mendukung pengamanan Arus Mudik Lebaran 2018,” kata Yusuf singkat. (ata)

Leave a Reply