Polres OKI Ungkap Pelaku Penembak Anggota Polri

Palembang, Jurnalsumatra.com – Kapolres OKI Akbp Doni Eka Saputera, SH. S. IK. MM didampingi Kasat Reskrim Akp Agus Prihandinika, SH, S.Ik dan Kanit Pidum Ipda Afif Widhi Ananto dalam keterangan di RS Bhayangkara Palembang,  Jln Jendral Sudirman dugaan besar pelaku tindak pidana pencurian dengan kekerasan (Curas) serta penembakan salah satu Anggota Polri Aipda Aprizal Kanit Polsek Mesuji Makmur Kab OKI di Desa Beringgin Jaya Kec. Mesuji Raya Kab. OKI Minggu 02/06/2019 yang lalu, Tim Polres OKI dan Jatanras Polda Sumsel Ungkap Tersangka JONI Als JON di RS Bhayangkara Palembang. Jumat (2/8/2019).

Dari Informasi Konferensi Pers yang mana telah di sampaikan Kabid Humas Polda Sumsel Kombes Pol Supriyadi MM dan Kapolres OKI Akbp Doni Eka Saputera, SH. S. Ik. MM, dari kejadian Tindak Pidana pencurian dengan kekerasan (curas) yang terjadi di rumah Korban KODRI BIN HASANUSI beralamat di Dusun V Desa Beringgin Jaya Kec. Mesuji Raya Kab. OKI pada hari Minggu 2/6/2019 Pukul 02.00 Wib dirumah Korban terjadi Tindak Pidana pencurian dengan kekerasan dengan jumlah pelaku 6 (enam)  orang pelaku melakukan dengan cara mencongkel jendela dengan mengunakan obeng dan palu besar untuk merusak trali besi yang selanjutnya pelaku menembak Korban sebanyak 3 (tiga) kaliyang mengenai perut dan paha kanan korban terus mengambil uang dengam kerugian Rp. 20.000.000, (dua puluh juta rupiah) yang selanjutnya  ke 6 (enam) pelaku melarikan diri ke arah pasar Beringgin Jaya sesampai di Jembatan Pelaku di hadang masyarakat dengan kendaraan bermotor yang berlawanan arah, sehinga ke 6 ( enam) pelaku melakukan penembakan kearah motor tersebut kemudian masyarakat berdatangan dan dari rombongan masyarakat tersebut ada orang yang bersuara dengan berkata “saya polisi” dan melepaskan tembakan,  setelah itu ke 6 (enam) pelaku tersebut membalas tembakan berkali-kali kearah polisi tersebut. Diantara salah satu pelaku tersebut ada yang mendekati polisi lalu menembaknya dan berkata “mati niku”, setelah itu ke 6 (enam) pelaku tersebut kabur ke arah pasar Beringgin jaya. Ungkapnya

Setelah dilakukan penyidikan dan berdasarkan saksi-saksi serta petunjuk di TKP dan informasi terakhir bahwa keberadaan tersangka JONI ALS JON Dijalan Umum Kec. Way Bahoga Kab. Way Kanan Lampung. Dan dilakukan penangkapan dengan mencoba perlawanan yang cukup lama dan akhirnya pelaku diamankan dengan barang bukti senjata api rakitan dengan beberapa butir peluru, kemudian pelaku mengakui perbuatannya dan selanjutnya dilakukan pengembangan serta mendapatkan keterangan didapat ada tersangka lain yaitu DW dan 4 (empat)  rekan lainnya, Karna dilihat tersangka koperatif tersangka di bawak ke ketempat tersangka IR yang berada di Mesuji Makmur dengan Pimpinan IPDA Afif Widhi Ananto Kanit Pidum Polres OKI didalam perjalanan anggota berhenti untuk buang air kecil dipinggir jalan sungai Desa Kuto Sari Kec. Belitang pada saat pintu mobil terbuka tersangka JONI Als JON mendorong anggota dan terjun kesungai,  kemudian anggota berusaha mengejar tersangka JONI ALS JON karna air sungai deras sehingga tersangka tengelam, lebih kurang 15 menit kemudia tersangka diketemukan dan dilarikan kerumah sakit untuk dilakukan tindakan medis namun dalam tindakan medis tersangka dinyatakan meninggal dunia. Ungkap Kapolres OKI. (Amrujurnal)