Polres OKU Tingkatkan Patroli Kawasan Banjir

    Baturaja, jurnalsumatra.com – Jajaran Polres Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan meningkatkan patroli sejumlah desa di wilayah itu yang dilanda banjir guna memberikan rasa aman bagi masayarakat dari pelaku tindak kejahatan yang memanfaatkan situasi bencana alam tersebut.
“Patroli ini kami lakukan pada kawasan desa yang dilanda bencana banjir di dua kecamatan yaitu Kecamatan Peninjauan dan Kedaton Peninjauan Raya (KPR),” kata Kapolres Ogan Komering Ulu (OKU), AKBP NK Widayana Sulandari melalui Kapolsek Peninjauan, AKP Rachmad Haji di Baturaja, Jumat.
Dia mengatakan, terdapat sekitar 14 desa di dua kecamatan tersebut dilanda banjir sejak dua hari lalu dampak dari luapan Sungai Ogan hingga air merendam sejumlah permukiman penduduk yang berada di dataran rendah.
“Saat ini genangan air sudah mulai berkurang. Namun kami masih siaga mengantisipasi terjadi banjir susulan  mengingat curah hujan saat ini masih tinggi di ulu sungai,” jelasnya.

    Pihaknya juga meningkatkan patroli di 14 desa itu untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat dari aksi pencurian rumah kosong dilakukan kawanan bandit yang memanfaatkan situasi bencana alam tersebut.
“Karena saat banjir banyak rumah yang kosong ditinggal pemiliknya mengungsi sementara waktu hingga banjir surut. Saat patroli, anggota polisi dilengkapi perahu karet dan pelampung,” ungkapnya.
Pelampung dan perahu karet digunakan tersebut, lanjut dia, untuk mengevakuasi warga yang rumahnya tergenang banjir.
Dia mengimbau, bagi pengendara yang melintas di kawasan tersebut agar berhati-hati karena banyak terdapat lubang besar pada jalan yang tergenang air.
“Dan juga waspada saat melintasi jembatan gantung agar tidak menggunakan perahu saat menyeberangi sungai yang sedang meluap demi keselamatan,” ujarnya.(anjas)

Leave a Reply