POLRES OKUTimur Tangkap Pelaku Karhutla

Martapura, jurnalsumatra.com – Polisi Sektor Kabupaten OKU Timur kembali lakukan Release di depan Aula Mapolres OKU Timur pada hari Selasa (03/09/2019) pukul 09.00 wib.

Kapolres OKU Timur AKBP Erlin Tangjaya SH, SIK melalui Kabag OPS KOMPOL CS Panjaitan di dampingi Kasubag Humas IPTU Yuli dan KASAT Reskrim AKP M.Ikang Ade Saputra ,KBO IPDA Miming Wijaya,KANIT PIDUM IPDA Alimin beserta Jajaran Polres OKU Timur,mengatakan dalam konferensi pers bahwa Polres OKU Timur telah mengungkap 17 kasus di tambah satu kasus Karthutla ,dengan tiga tersangka pembakaran lahan dijerat dengan Pasal 106 Jo Pasal 69 ayat (1) huruf h UU RI No. 32 Tahun 2009 Tentang Perlindungan Dan karhutla.

Ketiga pelaku tersebut tersebut sedang menjalani pemeriksaan penyidikan Untuk proses hukum lebih lanjut oleh tim penyelidik polres OKU Timur.
Ketiga pelaku akan di jerat dengan pasal 187 ayat(1) KUHPidana barang siapa dengan sengaja menimbulkan kebakaran, dan penangkapan ketigatersangka pembakaran karhutla sudah tertuang dalam Laporan Polisi Nomar: LP-A/03/VIII/2019/SUMSEL/OKUT/SEK SS II, tanggal 26 Agustus 2019.

Saat ini ketiga tersangka Karbuntla yang ditahan itu Gus Ajiman, Holik, Suwito dan lokasi kejadian Karhutla berada di Desa Wanasari Kecamatan, Semendawai Timur, OKU Timur. Peristiwa itu terjadi pada Senin 26 Agustus 2019 sekitar pukul 15.00 Wiib. Ketiga tersangka mengaku melakukan pembakaran.

Sebelum penangkapan, personil Polsek Semendawai Suku III, mendapatkan informasi dari masyarakat ada kegiatan pembakaran lahan kebun karet di Desa Wana Sari Kecamatan Semendawai Timur,  OKU Timur.

Setelah mendapat informasi tersebut personil Polsek Semendawai Suku III langsung menuju ke lokasi kebakaran dan menemukan tiga orang tersangka yang sedang melakukan pembakaran lahan, kemudian petugas dengan segera menangkap tiga orang tersangka tersebut beserta alat yang digunakan pelaku pada saat pembakaran lahan.


Sementara barang bukti yang berhasil disita oleh petugas berupa empat korek api gas serta empat bilah senjata tajam jenis parang, dan beberapa pohon karet yang sudah terbakar, lahan yang terbakar seluas dua hektar tanaman karet dan sebanyak 150 batang, diketahui lahan tersebut milik Argabi Supriyadi.

Kasat Reskrim AKP M.Ikang Ade menambahkan dalam kasus release bulan ini yang menonjol adalah kasus 3 C yaitu Curas, Curat, dan Curanmor dengan tindakan pidana umum 17 kasus dan menangkap 17 tersangka dan baru tahun ini ada penambahan kasus tentang Karhutla, tegas Kasat. (Iwn)