Polres Sampang Ajak Media Jaga Kondisi Pilkada

     Sampang, jurnalsumatra.com – Polres Sampang, Jawa Timur mengajak praktisi media di wilayah itu untuk ikut proaktif membantu terselenggaranya proses pemilihan kepala daerah (pilkada) 2018 yang kondusif, aman dan lancar.
“Media memiliki peran penting dalam ikut menciptakan suasana yang kondusif, dan aman dalam pesta demokrasi 2018 mendatang ini,” kata Kapolres Sampang AKBP Tofik Sukendar di Sampang, Kamis.
Tofik mengemukakan hal ini saat berbincang dengan wartawan mengenai berbagai kemungkinan yang bakal terjadi menjelang pelaksanaan pilkada 2018.
Ia menjelaskan, upaya menciptakan situasi keamanan yang kondusif tidak hanya dilakukan oleh aparat kepolisian saja, akan tetapi harus melibatkan peran aktif semua pihak.
“Jika hanya petugas yang diandalkan, jumlah personel kami sangat terbatas,” ujarnya.
Ia meminta, agar semua pihak meningkatkan koordinasi, dan segera menginformasikan kejadian sekecil kepada petugas. “Satu kali 24 jam kita pasti tindak lanjuti,” ucap kapolres.
Kapolres menjelaskan, menjelang pelaksanaan pemilu biasanya banyak oknum-oknum tidak bertanggungjawab merongrong stabilitas keamanan wilayah yang berpotensi menimbulkan perpecahan.
Di era media sosial yang kini telah banyak digunakan masyarakat seperti sekarang ini, “kabar bohong” juga bisa menjadi pemicu terciptanya situasi yang tidak kondusif.
“Disinilah media massa menjadi kunci utama, sebagai media yang bertanggung jawab dalam memberikan pendidikan politik kepada masyarakat,” katanya, menjelaskan.
Oleh  karenanya, kapolres mengajak kepada para praktisi media dan wartawan untuk proaktif membantu menciptakan suasana kondusif dalam tahapan pelaksanaan pilkada serentak 2018, sehingga situasi keamanan di Kota Bahari itu bisa terkendali.(anjas)

Leave a Reply