Polres Serang Kota Siap Amankan Pemilu 2019

Serang, jurnalsumatra.com – Kepolisian Resort (Polres) Serang Kota secara teknis siap untuk melakukan pengamanan pemilu pada 17 April 2019 dengan melaksanakan “Operasi Mantap Brata”.

  “Untuk kegiatan operasi ini kita sudah melaksanakan tahapan-tahapan berupa ‘cooling system’ yakni melakukan pendekatan-pendekatan kepada masyarakat, tokoh agama, tokoh adat, dan tokoh ulama agar masing-masing pihak bisa mengendalikan diri, mengendalikan massanya supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan di TPS, jadi secara teknis kita sudah siap untuk melaksanakan pengamanan pada pesta demokrasi 17 April 2019 mendatang,” kata Kapolres Serang Kota AKBP Firman Affandi di Mapolres Serang Kota di Serang Kamis.

  Firman menjelaskan, pada pilpres dan pileg tahun ini memang dirasakan berbeda, dimana kondisi di masyarakat sudah mulai terpecah-pecah, sehingga perlu adanya penanganan yang serius yang salah satunya adalah dengan cooling system yang sudah dicanangkan.

  “Saya yakin di seluruh Indonesia mungkin terjadi seperti itu, maka kita perlu melakukan tahapan-tahapan cooling system tadi itu, kita lakukan pendekatan kepada masyarakat , tokoh ulama, dan tokoh adat. Setelah itu baru kita melakukan pengamanan untuk proses kampanye baik kampanye terbuka atau kampanye tertutup, dan tahapan itu kita sudah mulai sekarang,” katanya.

  Ia menjelaskan, setiap partai politik atau pun para caleg yang ingin melaksanakan kampanye atau rapat terbuka dan tertutup harus memproses perizinannya dari kepolisian, sehingga kepolisian bisa melakukan pemantauan serta pengamanan.

  Setiap partai atau caleg yang mau melaksanakan kampanye harus ijin kepada kami, dan kapi pastikan akan mendapatkan pengamanan, kami akan layani, bahkan pengamanan ekstra dari kami,” katanya.

  Ia Juga berharap agar seluruh masyarakat Kota Serang bisa menjaga kondusifitas, melaksanakan pemilu dengan damai, aman, sebab pemilu ini dilaksanakan hanya lima tahun sekali.

  “Saya menghimbau kepada seluruh masyarakat, mari kita sama-sama gunakan hak pilih dengan tetap menjaga kondusifitas di Kota Serang ini , kita sama-sama memilih pemimpin yang berkualitas, jangan sampai golput, karena kontestasi ini adalah untuk menentukan nasib dan masa depan bangsa kita,” katanya.

  Terkait pendistribusian surat suara ke KPU Kota Serang, pihaknya sudah melakukan pengecekan bersama dengan KPU dan juga Bawaslu dan kesemuanya dalam kondisi aman walaupun masih ada beberapa surat suara yang rusak.

  “Untuk surat suara kita juga sudah melakukan pengecekan di KPU Kota Serang, dan memang ada beberapa yang rusak, namun itu pun menurut KPU akan segera tiba penggantinya, sedangkan kotak suara semuanya aman tidak ada yang kurang,” katanya.(anjas)