Polres Silaturahmi Dengan Seluruh Ormas

Lahat, Sumsel, jurnalsumatra.com – Jelang pemilihan kepala daerah (Pilkada) Bupati dan Wakil Bupati Lahat serta pemilihan gubernur (Pilgub) Sumsel yang akan digelar secara serentak pada 27 Juni 2018 ini.

Kepala Kepolisian Resort (Kapolres) Lahat, AKBP.Robby Karya Adi. S.IK, beserta jajaran Senin (11/6/2018), menggelar Silahturahmi dan dilanjutkan dengan buka bersama seluruh Ormas yang ada di Kabupaten Lahat.

Acara tersebut, dipusatkan diruang Aula Mapolres Lahat, sejak pukul 15.30 WIB. Terlihat hadir, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat,  dan Organisasi Mayarakat (Ormas) dalam rangka cipta kondisi menghadapi Pilkada serentak.

Dalam kegiatan itu, juga turut hadir Pengurus Ormas dan Ulama seperti, Pimpinan Pondok Pesantren, Majelis Ulama Indonesia (MUI), Pemuda Pancasila, FKPPI, para sesepuh LSM, Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) dan Pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Lahat.

Dalam sambutannya, Robby selaku Kapolres Lahat mengucapkan terima kasih atas kehadiran para Tokoh Agama dan Ormas, karena ditengah kesibukan dalam suasana Bulan Ramadhan ini masih bisa menghadiri acara silahturahmi.

Ia menjelaskan, tujuan diadakannya kegiatan ini guna untuk tetap menjaga serta menjalin kerjasama yang baik seperti selama ini. Dan diharapkan dengan digelarnya acara ini dapat lagi mempererat tali persaudaraan seperti selama ini.

“Saya berharap dengan acara ini, kerjasama kita tetap dipertahankan. Untuk menjaga kamtibmas, apalagi setelah ini masih ada beberapa agenda kegiatan penting yang harus dikerjakan, ” terangnya.

Menurut Robby, bukan hanya pemilihan kepala daerah (Pilkada) saja yang harus dikerjakan, juga Operasi ketupat guna memberikan kenyamanan Pemudik.

“Oleh sebab itu, kami berharap selalu menjaga dan koordinasi untuk Kamtibmas, begitu juga saat Pesta Demokrasi berjalan nanti, termasuk Asean Games. Walaupun lokasinya bukan dilahat. Kami turut berkontribusi untuk menjaga situasi aman, kondusif, dan, damai, ” himbau Kapolres Lahat.

Untuk diketahui, sambungnya, jumlah personil Polres Lahat berjumlah 624 anggota yang tersebar namun tidak bisa memantau secara langsung. Maka dari itu, dengan dukungan dan kerjasama Tokoh masyarakat dan Ormas diharapkan bisa mengolah Kamtibmas tercipta selalu aman, damai, dan, kondusif.

“Seperti halnya dengan kejadian teroris di Kabupaten Muara Enim pernah menjadi lokasi pelatihan teroris. Kami mengharapkan kita di kabupaten Lahat ini bersama untuk selalu bersatu melawan teroris dan Jangan sampai kita terpecah karena agama manapun tidak mengajarkan membunuh dan teroris itu perbuatan oknum yang salah dengan kesepahaman radikalisme, ” ingat Robby lagi. Seraya mengajak, untuk bahu membahu membangun Kabupaten Lahat dengan menjaga keamanan dan jangan sampai terpecah belah untuk mesukseskan pesta demokrasi yang digelar 5 tahun sekali ini.

Sementara, Ketua Umum MUI Kabupaten Lahat, Drs. KH. Zulkiah. A. Kohar menyambut baik apa yang disampaikan Kapolres, dengan itu MUI telah mengeluarkan delapan fatwa saat di Kalimantan Selatan terkait masalah yang sekarang sedang dihadapi Negara.

Wakil ketua FKUB Lahat, KH. Husunudin Karim mengapresiasi tinggi terhadap Kapolres Lahat yang terus menjalin kerjasama silahturahmi dengan baik. Apalagi tahun ini tahun politik yang terus selalu berkoordinasi dengan baik tentang keamanan Pilkada.

“Isu agama yang kita ketahui di Sumsel dan ada kegiatan kelompok yang memperihatinkan dan sangat bertentangan dengan agama dan mudah-mudahan tidak terjadi di Lahat. Tentunya kami berharap kepada Kapolres untuk menginformasikan kepada kami kalau ada informasi lebih dini tentang teroris agar bisa kita jaga bersama untuk menindaklanjuti dan menangkap teroris tersebut, ” ungkap KH Husunudin Karim.

Sedangkan, ketua FKPPI Lahat, Dodi mengapresiasi kinerja Kapolres Lahat yang telah mengumpulkan para Tomas, Toga dan Ormas di Mapolres Lahat ini.

“Marilah kita bergandeng tangan untuk menjaga keamanan bersama sama, agar Kabupaten Lahat tetap damai, tentram, dan kondusif sampai berakhir pesta demokrasi yang tidak lama lagi kita hadapi, ” kata Dodi. (Din)

Leave a Reply