Polres Tanjung Balai lakukan pemeriksaan ketat kendaraan pemudik

Medan, jurnalsumatra.com – Personel Polres Tanjung Balai bersama TNI, Dinas Kesehatan, Dinas Perhubungan, dan Satpol PP melakukan pemeriksaan ekstra ketat bus maupun mobil mudik yang melintas di Pos Pengamanan perbatasan Kota Tanjung Balai dengan Kabupaten Asahan.

  Kapolres Tanjung Balai AKBP Putu Yudha Prawira, Senin, mengatakan operasi tersebut juga melakukan penyekatan dan pemeriksaan suhu tubuh terhadap pengguna jalan yang melintas di Pos Pengamanan, serta pencegahan virus corona (COVID-19) dalam rangka Operasi Ketupat Toba 2020.

  Ia menyebutkan, petugas melakukan penyetopan, pemeriksaan, interogasi tujuan dan pemriksaan KTP untuk melihat alamat tinggal terhadap kendaraan bermotor roda dua/roda empat dan bus yang melintas masuk ke wilayah Kota Tanjung Balai.

  Selain itu, juga memberikan imbauan dan arahan kepada pengendara untuk mengajak bersama-sama memerangi dan memutus rantai penyebaran COVID-19 dengan selalu menggunakan masker bila keluar rumah, jaga jarak, jangan berkumpul, serta selalu mencuci tangan.

  “Melaksanakan pengecekan suhu tubuh pengendara yang masuk wilayah Kota Tanjung Balai terhadap kendaraan yang datang dari arah Kabupaten Asahan,” ujarnya.

  Prawira mengatakan, dalam kegiatan tersebut petugas juga mengimbau dan mengarahkan warga yang akan mudik untuk memutar arah.

  Para pengemudi dan pengendara sepeda motor diimbau untuk taat kepada peraturan/prosedur penyebaran virus corona yang dikeluarkan pemerintah.

  Menegur pengendara dan penumpang yang tidak menggunakan masker dan helm SNI.

  “Tidak ditemukan pengemudi maupun penumpang dengan suhu tubuh tinggi ciri dari COVID-19,” kata mantan Kasat Reskrim Polrestabes Medan.(anjas)