POLRES Temanggung Tangkap Pencuri Kotak Sarang Lebah

     Temanggung, jurnalsumatra.com – Aparat Kepolisian Resor Temanggung, Jawa Tengah, menangkap warga Dusun Sobahan, Desa Medari, Ngadirejo, Kabupaten Temanggung, Zani Agus Prasetyo (25) karena mencuri 10 kotak sarang lebah madu.
Kasubbag Humas Polres Temanggung AKP Henny Widiyanti di Temanggung, Rabu, mengatakan tersangka mencuri kotak sarang lebah di sebuah kebun kopi di Dusun Gelaran, Desa Batursari, Kecamatan Candiroto, Kabupaten Temanggung.
Ia menuturkan pelaku mencuri sepuluh kotak sarang lebah pada malam hari saat pemiliknya Masdar (62), warga Desa Gringsing, Kecamatan Gringsing, Kabupaten Batang  tidak ada di lokasi.
“Tersangka juga merupakan peternak lebah madu sehingga tahu bagaimana cara menanganinya. Dia mencuri dengan menyewa mobil bak terbuka untuk mengangkut 10 kotak sarang lebah madu tersebut,” katanya.
Ia mengatakan dari kasus ini polisi telah mengamankan barang bukti berupa 10 kotak sarang lebah berwarna merah. Tersangka Zani dijerat Pasal 363 KUH Pidana dengan ancaman hukuman tujuh tahun penjara.
Kanit Reskrim Polsek Candiroto Aiptu Ismanto mengatakan terungkapnya kasus ini bermula dari adanya laporan kehilangan sepuluh kotak sarang lebah madu bercat warna biru di wilayah Candiroto. Polisi kemudian menindaklanjuti laporan itu dengan penyelidikan dan tidak berselang lama ada warga memberikan informasi ada orang menaruh sepuluh kotak sarang lebah di sebuah kebun kopi.
“Kami melakukan pengintaian beberapa hari baik siang maupun malam, dan melakukan pengamatan sebab kotak-kotak itu berwarna merah bukan biru seperti milik korban yang hilang. Saat kami pantau, ada seseorang sedang mengamati kotak-kotak sarang lebah itu maka kami amankan dan ternyata benar setelah diinterogasi dia pencurinya dan untuk menghilangkan jejak kotak warna biru dicat warna merah,” katanya.
Tersangka Zani mengaku mencuri dengan motif ekonomi dan balas dendam, karena pada tahun 2015 lalu dia memiliki ternak madu sebanyak 30 kotak dan saat digembalakan di sebuah perkebunan di wilayah Gringsing, Kabupaten Batang hilang dicuri orang.
“Sebenarnya saya tidak berniat mencuri tetapi saat melihat ada kotak lebah dan  kata warga milik orang Gringsing maka ganti saya curi, kebetulan kotaknya juga warna biru mirip punya saya yang digondol maling di Gringsing. Saya jengkel karena itu penghidupan bagi keluarga dan karena pencurian itu menimbulkan kerugian Rp10 juta,” katanya.(anjas)

Leave a Reply