Polres Ungkap Ladang Ganja Di Dempo Tengah

Pagaralam, jurnalsumatra.com – Satres Narkoba di Back Up Polisi Sektor (Polsek) Dempo Tengah Kota Pagaralam berhasil mengungkap ladang ganja dikawasan perbukitan Kecamatan Dempo Tengah.

Terbongkarnya ladang ganja tersebut, berkat dari pengembangan kasus sebelumnya. dan untuk bisa sampai kelokasi, tidak segampang membalikkan telapak tangan, jajaran Satres Narkoba Pagaralam dan dibantu Polsek Dempo Tengah harus menempuh lokasi dengan memakan waktu selama 4 jam.

“Untuk sampai di TKP saja, petugas harus menempuh perjalanan selama 4 jam. Ladang daun setan ini untuk sampai di TKP. Termasuk, terungkapnya lokasi penanaman dari penusuran sejak tiga bulan lalu. Medan yang kita tuju berada di perbukitan,” ungkap Kapolres Pagaralam, AKBP Dolly Gumara SIK MH, Jum’at (17/01/2020).

Enak, sambung Kapolres Pagaralam, kalau untuk sampai ke TKP menggunakan kendaraan. Tapi, anggota harus menempuh dengan berjalan kaki. Dilokasi, sebaran tanaman ganja ini cukup luas mencapai sekitar 3 hektar.

“Setelah dilakukan pengamanan di lokasi ladang ganja, terdapat sekitar tiga ratus batang, terdiri dari yang siap panen serta masih dalam pembibitan,” terangnya.

Untuk usia tanaman ganja tersebut, bekisar tiga bulanan lebih. Dengan ketinggian  batang mencapai setengah meter lebih. Diperkirakan, para pelakunya, sudah menyiapkan ladang tersebut jauh dari pemukiman.

“Banyak masyarakat sekitar tidak mengetahui keberadaan ladang ganja yang berlokasi di perbukitan Talang Padi Ampe, Semidang Alas,” kata Kapolres.

Sedangkan, dilokasi, kata Dolly Gumara, selain mengamankan ratusan batang ganja, anggota juga mengamankan dua pelaku. Kedua orang tersebut, berada di ladang ganja dan sudah diamankan di Mapolres Pagaralam guna penyelidikan lebih lanjut.

“Ladang ganja ini, dapat terungkap awalnya dari pengembangan kasus sebelumnya, terhadap jaringan narkotika jenis ganja. Saat itu, anggota melakukan penggeledahan di kosan pelaku dan didapati paketan ganja siap edar dari tangan tersangka Andri dan Dedi,” urai Kapolres Pagaralam.

Orang nomor satu Petinggi krops coklat diwilayah Hukum Polres Pagaralam mengapresiasi anggota Satres Narkoba yang telah bekerja keras melakukan Lidik ke lapangan. Bahkan, untuk ke lokasi sehari sebelumnya sekira pukul 17.00 WIB anggota bergerak menuju lokasi.

“Alamat ladang ganja tersebut, didaerah Hutan Talang Padi Ampe, Kecamatan Dempo Tengah Kota Pagaralam. sekitar empat jam perjalanan menuju lokasi. Dalam perjalanan menembus perbukitan beberapa kali singgah disejumlah pondok. Alhasil 300 pohon daun ganja,” tutup Dolly Gumara. (Syah)