Polsek Tapin Selatan Ungkap Kasus “Curat”

     Banjarmasin,jurnalsumatra.com –  Polsek Tapin Selatan, Kalsel, berhasil mengungkap tindak pidana pencurian dengan pemberatan (Curat) di wilayah hukumnya pada Sabtu (3/3) dini hari, sekitar pukul 03.00 Wita.
Kapolres Tapin AKBP Bagus Suseno melalui Kapolsek Tapin Selatan Iptu Pol Embang Pramono di Rantau, Senin, mengatakan pelaku berinisial Am (30) warga Kecamatan Tapin Selatan ditangkap usai melakukan aksi kejahatannya pada dua bulan lalu.
“Pelaku melakukan aksi curatnya pada 22 Januari 2018 di halaman sebuah mesjid di jalan A Yani, Desa Tatakan pada pukul 02.00 Wita,” ujar Kapolsek.
Dijelaskannya, korban atas nama Nasrullah (22) warga Kecamatan Tatah Makmur, Kabupaten Banjar melaporkan kehilangan uang sebesar Rp65 juta yang disimpannya di bawah jok mobil truk miliknya.
“Korban saat itu beristirahat sebentar di masjid, dan uang tagihan sebesar Rp65 juta disimpan di bawah jok truknya, pada waktu mau meneruskan perjalanan, ternyata uang tersebut sudah raib,” kata Embang lagi.
Terus dikatakannya, pelaku sendiri diamankan setelah ada laporan dari warga, bahwa adanya seorang pemuda pengangguran yang tiba-tiba loyal dan menghamburkan uang untuk hiburan di sebuah warung malam di wilayah Tatakan.

“Saat itu kami melakukan giat Pekat, dan mendapat informasi tersebut, tentu kami curiga terhadap tersangka dengan adanya informasi tersebut,” ujarnya lagi.
Pada saat melakukan razia pada Sabtu (3/3) dini hari, anggota melihat tersangka sedang santai di warung malam, tidak mau tersangka hilang, anggota pun langsung mengamankan tersangka.
“Saat kami minta keterangan, pelaku mengakui bahwa uang yang selama ini dihamburkannya buat hiburan adalah hasil pencurian pada dua bulan lalu,” katanya.
Diketahui, pelaku adalah residivis tindak pidana yang sama, bahkan pelaku sudah empat belas kali keluar masuk penjara.
“Pelaku ini baru empat bulan keluar penjara, dan ternyata tidak jera juga untuk melakukan tindak pidana melawan hukum,” kata mantan Kanit Tipidkor Polresta Banjarmasin itu.
Embang mengatakan, dari tangan pelaku, anggota mengamankan satu unit sepeda motor dan satu unit telpon pintar merek Samsung J1.
“Setelah kami mintai keterangan, pelaku langsung diserahkan ke Satrekrim Polres Tapin guna proses hukum lebih lanjut,” ujar perwira yang akrab dengan awak media itu.(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

13 − nine =