Poltekpar Ujung Tombak SDM Parawisata

Palembang, jurnalsumatra.com – Politeknik Pariwisata (Poltekpar) Palembang akan menjadi ujung tombak tersediannya Sumber Daya Manusia (SDM) di Provinsi Sumsel.

Hal ini diungkapkan Gubernur Sumsel Alex Noerdin usai melaunching Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Pariwisata (SBMPTP), sekaligus melaunching Foodtruck dan peninjauan Gedung Baru Politeknik Pariwisata Palembang di Jakabaring Palembang, Rabu (14/2/2018)

Alex Noerdin mengungkapkan, salah satu upaya yang dilakukan untuk mewujudkan SDM yang baik adalah melalui penerimaan mahasiswa yang baik. Salah satu sistem yang dipakai dengan menerapkan SBMPTP bersama yang berada di lingkungan Kementerian Pariwisata, yaitu Sekolah Tinggi Parawisata (STP) NHI Bandung, STP Bali, Poltekpar Medan, Poltekpar Makassar, Poltekpar Palembang dan Poltekpar Lombok.

“Kita ingin kemajuan Provinsi Sumsel tidak hanya di bidang infrastruktur. Tapi juga harus diimbangi oleh kemajuan Sumber Daya Manusia (SDM). Kita berharap, SBMPTP ini mampu menyaring SDM yang unggul, profesional dan mampu berdaya saing di dunia global,” ujarnya.

Menurutnya, setelah pesta olahraga Asian Games, kawasan Jakabaring Sport City sebagai kawasan wisata olahraga. “Jadi dibutuhkan peran mahasiswa sebagai SDM pengelolanya,” bebernya.

Sementara itu, Deputi Bidang Pengembangan Kelembagaan Kepariwisataan Kemenpar Prof DR M Ahman Sya menambahkan, tingginya angka kunjungan wisatawan ke Indonesia menjadi tantangan bagi Indonesia untuk menyiapkan SDM parawisata yang berkualitas. Salah satunya melalui pendirian PTP di beberapa wilayah di Indonesia termasuk Sumsel.

“Kita sudah mendirikan PTP yang berkualitas global. Untuk menciptakan SDM yang berkualitas melalui SBMPTP yang kita mulai pada tahun ajaran 2018-2019,” pungkasnya. (Yanti)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

16 + eight =