Posmat Muara Kubu Evakuasi KM Sinar Kakap

    Pontianak, jurnalsumatra.com – Pos Pengamat (Posmat) TNI AL di Muara Kubu, Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat membantu evakuasi dan penyelamatan Kapal Motor (KM) Sinar Kakap yang tenggelam perairan wilayah itu.
“Kapal motor yang berlayar dari Pelabuhan Tanjung Satai, Kabupaten Kayong Utara ini tenggelam saat dalam perjalanan menuju Pelabuhan Rasau Jaya. Dalam perjalanan di perairan Tanjung Kedah Muara Kubu, kapal diterpa ombak setinggi dua meter disertai hujan lebat dan mengkibatkan air laut masuk kapal,” kata Kepala Dinas Penerangan Pangkalan Utama TNA AL XII Pontianak Mayor Laut (E) Irawan Tri Budiono di Pontianak, Sabtu.
Irawan menjelaskan kapal bernomer regristasi No.400 HHE dengan berat 21 tonase kotor (GT) dinahkodai oleh Embut Kamil da membawa tujuh anak buah kapal (ABK),
\pemilik kapal Tong Seng dan . Kapal tersebut membawa 7 orang Anak Buah Kapal.
“Dari keterangan yang diberikan oleh para korban, nahkoda kapal bersama dengan 7 orang ABK berusaha untuk menguras air yang masuk dalam kapal, namun tidak bisa mengatasi air yang masuk. Akhirnya Kapal KM Sinar Kakap tenggelam,” katanya.
Pos Pengamat TNI AL (Posmat) Muara di bawah pimpinan Komandan Posmat Pelda Mes Satuhir bergerak menuju lokasi kejadian tenggelamnya kapal untuk membantu proses pencarian dan evakuasi yang dibantu oleh Pol Air Muara Kubu dan masyarakat.
Dalam proses evakuasi tersebut, Posmat Muara Kubu menggunakan Kapal Patroli Keamanan Laut (Patkamla) Padang Tikar PAT II-12-19.
Setelah tiba di perairan Muara Kubu dilakukan penyisiran selama 30 menit untuk mencari kapal itu, dimana situasi gelap gulita dan hujan lebat.
“Beruntung, tim yang turun mendapatkan tanda lampu kecil dari Kapal Sinar Kakap, kemudian tim evakuasi langsung mendekati lokasi tersebut dan didapatkan nahkoda dan ABK berada di atas anjungan dikarenakan badan kapal sudah sebagian tenggelam,” katanya.

    Nahkoda dan ABK langsung dipindahkan ke Kapal Patroli Keamanan Laut (Patkamla) Padang Tikar PAT II-12-19 hingga pukul 02.00 dan dibawa ke Posmat Muara Kubu.
Setibanya di Posmat Muara Kubu langsung dilaksanakan pengecekan kondisi nahkoda dan para ABK, dan salah satu ABK mengalami kram karena diakibatkan kedinginan.
Anggota Posmat Muara Kubu memberikan memberikan pertolongan pertama sedangkan Nahkoda dan para ABK istirahat di Posmat Muara Kubu.
“Pada pagi harinya pukul 06.00 WIB Danposmat melaksanakan penarikan kapal tersebut dengan menggunakan kapal angkutan menuju Posal Muara Kubu. Pukul 13.00 WIB kapal tersebut sudah selesai dikuras dan kapal sudah bisa mengapung, kemudian pengecekan kelengkapan kapal mulai dari kelengkapan surat sampai kondisi kapal,” kata Irawan.
Dalam melakukan aksi tanggap darurat, Posmat Muara Kubu juga kerap berkoordinasi dengan instansi samping dan Tim Search And Rescue (SAR).
Hal ini tentu agar bisa memberikan pertolongan kepada korban dengan cepat dan secara aktif terlibat dalam aksi tanggap bencana maupun penyelamatan di wilayah perairan Muara Kubu Kalimantan Barat.(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

one × 3 =