Posyandu Mekarsari Pontianak Raih Penghargaan Tingkat Nasional

      Pontianak, jurnalsumatra.com – Posyandu Mekarsari, binaan Tim Penggerak PKK Kota Pontianak,  meraih penghargaan Pakarti Madya I pelaksana terbaik posyandu kategori kota tingkat nasional tahun 2018.
“Berkat kerja keras dan perjuangan seluruh kader posyandu dalam memotivasi warga agar membawa balitanya ke posyandu membuahkan prestasi di tingkat nasional,” kata Ketua Pokja IV Tim Penggerak PKK Kota Pontianak, Darmanelly di Pontianak, Senin.
Menurut Darmanelly, penghargaan yang didapat bukanlah hasil yang mudah, karena untuk meraihnya perlu proses panjang, dimulai dengan penilaian terhadap kebijakan pemda, sumber biaya, SDM dan poin terpenting adalah bagaimana peran serta masyarakat untuk mendukung suksesnya pelaksanaan Posyandu di setiap wilayah.
“Inovasi kader juga penting dalam memotivasi masyarakat, hal ini bisa dilihat berupa output hasil cakupan yang tinggi selaras dengan tingginya derajat kesehatan masyarakat terutama balita,” ujarnya.
Ia menambahkan, setiap bulan balita harus ditimbang dan di pantau kesehatannya sehingga tidak lagi ditemukan gizi kurang apalagi gizi buruk.

     “Selain digunakan untuk penimbangan balita, Posyandu juga bisa digunakan untuk kegiatan kemasyarakatan lainnya, seperti kegiatan remaja, kegiatan lansia dan forum anak,” kata Darmanelly yang juga sebagai Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak Kota Pontianak tersebut.
Dengan diterimanya penghargaan Pakarti Madya I pelaksana terbaik posyandu kategori kota tingkat nasional tahun 2018, maka diharapkan menjadi penyemangat bagi kader posyandu agar bisa meraih prestasi lebih baik lagi, katanya.
“Keberhasilan ini tentulah berkat dukungan banyak pihak seperti Ketua Tim Penggerak PKK Kota Pontianak  Lismaryani Sutarmidji, OPD terkait, lembaga masyarakat, tokoh agama dan tokoh masyarakat, yang semuanya harus satu visi untuk menuju masyarakat yang hidup sehat dan sejahtera,” katanya.
Sementara itu, Ketua Posyandu Mekarsari, Kelurahan Parit Tokaya, Kecamatan Pontianak Selatan, Kustanti menyatakan sangat senang dan bangga, serta tambah bersemangat dalam memotivasi warga agar rutin ke Posyandu.
Meski pun belum berhasil meraih  Penghargaan Pakarti Utama I, tidak membuat kader Posyandu Mekarsari patah semangat apalagi menurut informasi kenapa Posyandu Mekarsari tidak Juara I atau mendapat penghargaan Pakarti Utama I, padahal sudah di kunjungi oleh menteri kesehatan sebelumnya, pada saat penilaian, hal ini lebih disebabkan oleh cakupan yang belum maksimal, karena masih ada balita yang tidak tercatat dan ditimbang sehingga kenaikan berat badannya tidak terpantau.
“Tentu yang menjadi kekurangan kami itu, akan dievaluasi dan diperbaiki agar semakin tahun semakin baik lagi,” katanya.(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

16 − nine =