Potensi Wisata Jadi Promosi Saat Asian Games

Palembang, jurnalsumatra.com – Pemerintah kota Palembang (Pemkot), melalui Dinas Pariwisata terus mengembangkan potensi wisata dengan memanfaatkan moment hari kemerdekaan dan asian games dengan menggelar berbagai festival guna mempromosikan kebudayaan lokal kemanca negara.

Hal ini diungkapkan Asisten 1 Pemerintah kota Palembang Sulaiman Amin, bahwa Pemerintah Kota Palembang menyambut baik kegiatan Lomba dan Musi Thematic Festival dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 73. Disamping itu juga memeriahkan Perhelatan Asian Games 2018 yang terangkum dalam kegiatan Wonderfull Palembang Event yang diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata Kota Palembang.

“Ya saat ini Pemkot sangat fokus menjadikan sektor pariwisata sebagai pendulang Pendapatan Asli Daerah (PAD). Sebagaimana yang kita ketahui bersama,  bahwa saat ini industri pariwisata memiliki peran penting dalam meningkatkan perekonomian sebuah negara secara global.

Untuk itulah pengembangan terhadap pariwisata yang dijadikan sebagai salah satu ujung tombak pemerintah guna meningkatkan pendapatan Asli Daerah setiap tahunnya menjadi program prioritas di setiap daerah, selain untuk mempromosikan daerah juga pariwisata dapat meningkatkan perekonomian masyarakat,”jelasnya kamis (16/8/2018) saat membuka festival musi Thematic di taman bawah jembatan Ampera.

Ditempat yang sama kepala Dinas Pariwisata Isnaini Madani mengatakan, kegiatan Wonderful Palembang Event 2018 ini yang menyajikan berbagai kegiatan antara lain Sriwijaya Diaspora Festival di Plaza BKB, Palembang Expo di PSCC, Musi Thematic Festival Kemaro Island di Pulau Kemaro, Musi Thematic

Festival Al Munawwar Village di Kampung Arab Al Munawwar, Musi Thematic Festival Culinary 10 Ulu di Kelenteng 10 Ulu, Musi Thematic Festival Kapitan Village di Kampung Kapitan, Ampera Souvenir Creative Festival di Bawah Jembatan Ampera Seberang Ilir, Asian Fotografi Festival di Museum SMB II, Musee Indie Fest di KBRT, Bidar Tradisional di Perairan Sungai Musi, Bidar Prestasi di Perairan Sungai Musi, Perahu Motor Hias di Perairan Sungai Musi dan Permainan Tradisional di Kawasan BKB.

“Kita sangat berharap dengan meningkatkan promosi pariwisata yang ada di Kota Palembang serta dapat memberikan dampak sosial meningkatnya usaha kecil menengah   bagi masyarakat Kota Palembang,”katanya.

Ia tambahkan,kepada para peserta dan seluruh elemen masyarakat Kota Palembang untuk tetap menjaga Sapta Pesonayang dikenal dengan 7K yaitu Keamanan, Ketertiban, Kebersihan, Kesejukan, Keindahan, Keramahan, Kenangan dengan logo matahari yang bersinar dan tersenyum sehingga para tamu dan wisatawan yang hadir dari beberapa negara dapat nyaman dan aman saat berada di Kota Palembang yang kita cintai ini.

“Ya ditahun ini akan kita tampilkan suguhan wisata atraksi yang akan menjadi pusat perhatian para turis baik nasional dan mancanegara. Ada beberapa festival di tanggal berbeda selain 17 agustus selanjutnya pada tanggal 17 san,”tutupnya.(aka)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

seventeen − eleven =