PPLP Sulawesi Utara Bina 47 Atlet

    Manado, jurnalsumatra.com – Pusat Pendidikan dan Latihan Olahraga Dinas Kepemudaan dan Olahraga Sulawesi Utara membina sebanyak 47 atlet pada tahun 2018.
“Mereka dibina pada lima cabang olahraga,” kata Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga Marcel Sendoh di Manado, Minggu.
Cabang olahraga tinju membina sebanyak 12  atlet, bulu tangkis, anggar dan taekwondo masing-masing delapan atlet serta pencak silat sebanyak 11 atlet.
“Calon atlet PPLP dilakukan seleksi secara terbuka dan pesertanya dari lima belas kabupaten kota, selanjutnya setiap tahun diadakan evaluasi. Apabila atlet tidak lagi menunjukkan prestasi ataupun fisiknya di bawah standar akan dikenakan degradasi,” ujarnya.
Hal ini dimaksudkan agar atlet PPLP yang selesai mendapatkan pembinaan memiliki prestasi yang hebat.
Dia meenambahkan, sesuai program kerja Dinas Kepemudaan dan Olahraga, di tahun 2019 mendatang ada beberapa penambahan cabang olahraga dan atlet yang akan dibina seperti layar dan karate.

      “Kami berharap para atlet serius dalam mengikuti seleksi, ini demi pengembangan karir dan membanggakan daerah Sulut melalui prestasi di berbagai cabang olahraga,” ujarnya.
Capaian prestasi olahraga atlet PPLP selama ini antara lain, pada akhir bulan  April 2018 Hidayat Limonu (pencak silat) berhasil meraih medali emas di kejuaraan dunia yang dilaksanakan di Thailand.
Selain itu, banyak alumni anak didik PPLP yang meraih prestasi internasional seperti Juan Abas yang meraih medali emas pada kejuaraan tinju internasional Kapolri Cup II yang dilaksanakan baru-baru ini di Manado serta Paren Papendang masuk dalam tim Asean Games.
Selanjutnya untuk cabang olahraga bulutangkis, alumni PPLP Ikhsan Rumbay telah beberapa kali menjadi juara dunia dan saat ini masuk pelatnas.
“Pola binaan melalui PPLP ini dalam rangka mewujudkan program Gubernur Olly Dondokambey dan Wagub Steven Kandouw,” katanya.(anjas)

Leave a Reply