Prajurit TNI Bersama Warga Koya Panen Lele

Jayapura, jurnalsumatra.com – Prajurit TNI dari Yonif Para Raider 501 Kostrad bersama warga Kampung Koya Koso, Distrik Muara Tami, Kota Jayapura, Papua panen ikan lele yang telah dibudidayakan selama tiga bulan terakhir.
Danyonif Para Raider 501 Kostrad Letkol Inf Anthoni Chandra ketika dihubungi dari Kota Jayapura, Kamis (18/10) malam, mengatakan budi daya ikan lele selama tiga bulan itu merupakan hasil pendampingan para prajurit TNI yang bertugas sebagai Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan RI-Papua Nugini (PNG) kepada warga di Kampung Koya Koso.
“Jadi, kami panen bersama ikan lele di kolam seluas 5×3 meter persegi dan itu merupakan hasil pendampingan anggota saya selama tiga bulan terakhir,” katanya lagi.
Menurut dia, saat pertama kali menginjakkan kaki di Tanah Papua pada tujuh bulan lalu, seluruh jajaran Yonif Para Raider 501 Kostrad diminta untuk selalu berupaya semaksimal mungkin meningkatkan kesejahteraan masyarakat perbatasan Papua dengan mengajarkan ilmu yang bermanfaat untuk mereka.

“Harapannya, agar ketika saat purnatugas, masyarakat Papua mempunyai bekal ilmu untuk meningkatkan kesejahteraan dan perekonomian keluarga mereka, salah satunya dengan budi daya ikan lele,” katanya lagi.
Tujuan dari kegiatan ini, kata dia, selain untuk mempererat tali silaturahmi antara TNI dengan masyarakat Kampung Koya Koso, juga untuk berbagi ilmu dan pengalaman dalam hal beternak Lele.
“Diharapkan, masyarakat Kampung Koya Koso yang rata-rata bermata pencaharian bertani dan berdagang bisa memiliki penghasilan tambahan melalui beternak Lele,” kata Anthoni Chandra.
Ketua RT Kampung Koya Koso Zeth Ulop mengucapkan terima kasih banyak atas upaya Yonif Para Raider 501 Kostrad yang telah memberikan ilmu dan pengalaman sangat berharga kepada masyarakatnya.
“Saya berharap apa yang telah diajarkan dan diberikan bisa bermanfaat bagi warga Koya Koso, sekaligus bisa dijadikan satu peluang bisnis untuk mendongkrak perekonomian keluarga di kampung ini,” katanya pula.(anjas)

Leave a Reply