Pramuka Harus Tanggap Bencana

Lahat, jurnalsumatra.com – Minimnya tenaga sukarelawan dalam menanggulangi bencana daerah membuat Pemkab Lahat akan kenggandeng Kwarda Pramuka. Anggota Pramuka yang ada rencananya akan disiap kan untuk membantu melakukan evakuasi daoam setiap bencana yang terjadi sewaktu-waktu.

Bupati Lahat Cik Ujang,SH mengatakan, pelantikan Kwarda pramuka Periode 2020-2023 diharap kan dapat memberikan efek positif bagi kemajuan daerah kedepan. Apalagi, generasi muda saat ini membutuhkan bimbingan agar dapat membentuk karakter dan kepribadian yang baik untuk menatap masa depan.

“Dengan terbentuknya Kwarcab diLahat, mudah-mudahan bisa menjadi suntikan motivasi dan memberikan kontribusk untuk pembangunan daerah melalui program-program pramuka,” ujarnya.

Sementara itu ketua Kwarda Provinsi Sumsel H Mukti Sulaiman,Mhun menuturkan, dalan melaksanakan program pihaknya mengharapkan dukungan kepada seluruh anggota agar Gerakan Pramuka Kabupaten Lahat akan selalu tampil terdepan di Sumatera Selatan.

“Kwarda Sumatera Selatan akan berkomitmen yang kuat ditunjukan Mabicab dan Kwarcab kepada gerakan Pramuka di Sumatera Selatan, yakni sebuah kekompakan dan mau menunjukan loyalitasnya terhadap pimpinan,” imbuhnya.

Dijelaskannya, gerakan Pramuka adalah organisasi gerakan kepanduan ditanah air yang lahir tanggal 14 Agustus 1961. Gerakan Pramuka merupakan perubahan nama dan gabungan dari organisasi kepanduan yang telah berdiri sejak jaman kolonial Belanda.

“Disitu tempat mendidik dan membina generasi muda agar mereka menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa, memiliki kepribadian tangguh, terampil, sehat, kuat jasmani dan memiliki rasa kesetiakawanan sosial yang tinggi,ā€¯pungkasnya.(Din)