Pramuwisata Raja Ampat Ikut Seleksi Program Pelatihan Bahasa Inggris

Sorong, jurnalsumatra.com – Pemandu wisata lokal Kabupaten Raja Ampat, Provinsi Papua Barat yang tergabung sebagai anggota Himpunan Pramuwisa Indonesia (HPI) mengikuti seleksi program pelatihan Bahasa Inggris 2019 di Kampung Inggris Kediri.

  Seleksi kegiatan itu yang berlangsung di Kantor Donatur Program Konservasi Internasional (CI) Indonesia di Sorong, Senin, diikuti enam pemandu wisata lokal yang juga anggota aktif HPI Kabupaten Raja Ampat.

  Bendahara HPI Raja Ampat, Yulius Ricky Soeharto selaku penanggung jawab program pelatihan itu, mengatakan program pelatihan Bahasa Inggris di Kampung Inggris Kediri, Jawa Timur merupakan upaya untuk meningkatkan sumber daya manusia, terutama kemampuan berbahasa Inggris bagi anggota HPI yang belum lancar berbahasa Inggris.

  Dia mengatakan program pelatihan itu dapat terlaksana atas dukungan dana abadi dari pendonor USAID dan CI yang disalurkan oleh Yayasan Kehati.

  Oleh karena itu, kata dia, tim seleksi pemandu wisata HPI Raja Ampat untuk mengikuti program pelatihan tersebut, tidak hanya dari pengurus HPI akan tetapi juga dari lembaga donor CI dan Kehati.

  Dia mengatakan jumlah pemandu wisata HPI Raja Ampat yang mengikuti seleksi enam orang, untuk selanjutnya diambil empat orang yang mengikuti pelatihan tersebut sesuai dengan kemampuan anggaran.

  Ricky mengatakan empat orang yang lulus seleksi akan berangkat ke Kampung Inggris Kediri guna mengikuti pelatihan Bahasa Inggris selama dua bulan.

  “Semua biaya kebutuhan peserta selama mengikuti pelatihan hingga selesai ditanggung oleh HPI dengan harapan peserta kembali ke Raja Ampat sudah bisa berbahasa Inggris dan dapat melanjutkan ilmunya kepada masyarakat,” kata dia.(anjas)