Presiden “Manortor” Dalam Ngunduh Mantu

   Medan, jurnalsumatra.com – Presiden Joko Widodo “manortor” atau mengikuti tari tortor dalam Ngunduh Mantu atau pernikahan puterinya Kahiyang Ayu dengan Bobby Aifi Nasution di Medan, Sabtu.
Dalam pesta pernikahan di Komplek Bukit Hijau Regency Taman Setia Budi Indah Medan tersebut, Presiden manortor bersama Doli Sinomba Siregar dan Harry L Siregar yang merupakan paman kandung Bobby Afif Nasution.
Doli Sinomba Siregar adalah politisi Partai Golkar yang kini menjadi anggota DPRD Provinsi Sumatera Utara. Sedangkan Harry L Siregar adalah mantan Wakil Bupati Tapanuli Selatan yang pernah menjadi anggota DPR RI periode 2009-2014 dari Partai Hanura.
Di belakangnya, terdapat sejumlah pengetua adat yang “mengayapi” atau mendampingi dalam menari tortor sebagai bentuk dukungan semangat atas tokoh atau “raja” yang sedang menortor.

    Usai ketiga tokoh utama dalam pernikahan itu menortor, digelar tarian undangan dari kalangan ibu-ibu untuk mengajak Ibu Negara Iriana menari tortor.
Dalam tarian undangan tersebut, sejumlah ibu-ibu membawa ulos yang akan digunakan Ibu Negara Iriana dalam menari tortor.
Setelah menerima ulos tersebut, Ibu Negara Iriana Joko Widodo menari tortor bersama Ibu Doli Sinomba Siregar dan Ibu Harry L Siregar.
Usai Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana menortor, digelar persiapan untuk mendatangkan pengantin Kahiyang Ayu dan Bobby Afif Nasution untuk memasuki aula utama tersebut.
Upacara adat Ngunduh Mantu tersebut disiarkan secara langsung oleh sejumlah stasiun televisi.(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 + 1 =