Program Kementerian Pertanian Swasembada Pangan Dinilai Berhasil

Lahat, Sumsel, jurnalsumatra.com – Panen padi di Kabupaten Lahat pada Senin (18/12/2017), kemarin, telah membuktikan keberhasilan progam Kementerian Pertanian dalam mempertahankan swasembada pangan (khususya beras),  bahkan surplus di Sumatera Selatan.

Terbukti, sekitar 298 Ha pertanaman padi  Varietas Hibrida, Ciliwung dan Ciherang hari ini dipanen yang dilakukan di tiga kecamatan di Kabupaten Lahat, yaitu Kecamatan Lahat, Tanjung Sakti Pumu dan Tanjung Sakti Pumi.

Bahkan pada bulan Desember ini Lahat mentargetkan panen padi seluas 7.951 Ha dan hingga saat ini 2.017 Ha diantaranya sudah dipanen. Dimana untuk hasil ubinan yang dilakukan bersama BPS, terhadap varietas Ciliwung di lokasi panen untuk provitasnya mencapai 8,28 ton/ha GKG. Capaian provitas ini menunjukkan pula bahwa rata rata produksinya jauh lebih tinggi baik tehadap rata rata provinsi maupun rata rata tingkat nasional.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Lahat,  Ir H Agustia Budiman MM melalui Kabid Produksi Tanaman Pangan`Dinas Pertanian Kabupaten Lahat,  Ahmad Firdaus SP MMA menyampaikan bahwa keberhasilan petani saat ini di Kabupaten Lahat  ditunjukkan dengan terjadinya  peningkatan Indek pertanaman,  luas tambah tanam serta peningkatan provitas dari tahun ke tahun.

”Semua ini, tidak lepas dari wujud keberhasilan program  pembangunan pertanian yang membanggakan semua pihak, khususnya untuk Kabupaten Lahat,”katanya.

Dalam kegiatan panen tersebut disaksikan oleh beberapa pihak yg terlibat langsung dalam pembinaan petani diantaranya Dinas Pertanian Kabupaten Lahat, Dandim Lahat, LO BPTP Sumsel,  BPS, Ka UPTD TPH, PPL, Babinsa dan kelompok petani di lokasi. (Din)

Leave a Reply