Program TMMD Buka Daerah Terisolir Di Nias

Nias, jurnalsumatra.com – Program TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) ke-104 di wilayah Komando Distrik Militer 0213/Nias memfokuskan pada percepatan pembangunan dan membuka daerah terisolir di Kabupaten Nias, Sumatera Utara. 
“Program TMMD adalah wujud nyata program Nawacita membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah atau desa yang ada dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia,” kata Bupati Nias Sokhiatulo Laoli di Nias, Kamis.
Ia mengatakan tema TMMD kali ini “Melalui TMMD kita tingkatkan kebersamaan umat serta semangat gotong royong dalam kehidupan berbangsa dan bernegara guna mewujudkan ketahanan nasional” sebagai hal yang bermanfaat bagi daerah dan sebagai bukti konkret kemanunggalan TNI dan rakyat dalam membangun desa. 
Program TMMD merupakan kegiatan lintas sektoral yang bertujuan membantu pemerintah daerah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui kegiatan pembangunan yang bersifat fisik maupun nonfisik.
“Program TMMD akan memberikan kontribusi yang luar biasa dalam mempercepat pembangunan di Kabupaten Nias dengan membuka keterisoliran dan mempercepat pertumbuhan ekonomi,” ujarnya.
Dandim 0213/Nias Letkol Inf Y. Reymond RS Purba mengatakan program TMMD di Kabupaten Nias dimulai pada 26 Februari dan berakhir pada 27 Maret 2019.
Sasaran fisik program TMMD di Kabupaten Nias membuka jalan dari Desa Tagaule menuju Desa Balale Tobaża sepanjang 6.000 meter dengan lebar 20 meter.
Selain itu, penggalian parit di kanan dan kiri jalan sepanjang 12.000 meter dengan lebar dua meter dan kedalaman 1,5 meter serta melakukan pengecatan masjid dan gereja. 
Sasaran nonfisik melakukan penyuluhan tentang wawasan kebangsaan, bela negara, keamanan dan ketertiban masyarakat, narkoba, hukum, BKKBN , kesehatan, pertanian, perikanan, lingkungam hidup, PKK, mitigasi bencana, dan penyuluhan kegiatan keagamaan.(anjas)

Leave a Reply