Promosi Simeulue Melalui Momen Gerhana Matahari Cincin

Simeulue, jurnalsumatra.com – Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Aceh akan melakukan pemantauan gerhana matahari di Kabupaten Simeulue Provinsi Aceh, dan menjadi momen untuk memperkenalkan daerah kepulauan tersebut ke masyarakat luar.

Kepala Bidang Urais dan Binsyar Kanwil Kemenag Aceh Hamdan mengatakan pihaknya memutuskan pemantauan gerhana matahari di Simeulue karena khusus di Simeulue dan Singkil yang terjadi gerhana matahari cincin, sedangkan daerah lain di Aceh hanya gerhana matahari sebagian.

“Bupati (Simeulue) mengapresiasi kegiatan kita ini, ini bagian dari promosi Simeulue, yang bukan hanya terkenal dengan lobsternya tapi juga potensi-potensi lain serta keindahan alamnya, karena besok ramai datang kesini,” jelasnya di Simeulue, Rabu.

Dia menyebutkan pemantauan gerhana matanari cincin akan berlangsung di halaman Masjid Baiturrahmah Sinabang Kabupaten Simeulue pada Kamis (26/12) besok.

Ketika gerhana matahari berlangsung masyarakat diimbau untuk menyaksikan dan melaksanakan shalat gerhana (kusuf). Khusus di Simeulue yang akan menjadi khatib yakni Ustadz Suhrawardi Ilyas, yang akan menjelaskan tentang fenomena alam itu secara detail.

“Menyambut tanda-tanda kebesaran Allah SWT ini kita dianjurkan untuk melakukan shalat kusuf, berzikir dan bersedekah,” tambahnya.

Disamping itu Kemenag Aceh juga akan melakukan pemeran mini di lokasi pemantauan gerhana terkait dengan gerhana matahari serta kegiatan pusat observasi di Lhoknga Aceh Besar.

“Berbagai persiapan telah kita lakukan jauh-jauh hari, mudah-mudahan besok cuacanya bagus dan tidak ada kendala apapun, sehingga kita bisa menyaksikan salah satu karunia Allah ini,” terangnya.

Data tim falakiyah Kanwil Kemenag Aceh, gerhana matahari besok secara keseluruhan diperkirakan akan terjadi sekira pukul 10.08 sampai 13.56 WIB atau sekira 3 jam 45 menit 52 detik.

Untuk kawasan Simeulue, gerhana matahari akan dimulai pukul 10.07 WIB. Sementara gerhana matahari cincin terjadi pada pukul 11.53 WIB lewat 51 detik, dengan puncak cincinnya pukul 11.55 WIB lewat 20 detik dan akhir cincinnya pukul 11.56 WIB lewat 54 detik serta gerhana berakhir pukul 12.54 WIB lewat 38 detik.(anjas)