Proses Belajar Dirumah Diperpanjang Sampai 3 Agustus 2020

Lahat, jurnalsumatra.com – Dikarenakan belum menurunnya kasus positif Covid-19, di Kabupaten Lahat, serta menindaklanjuti keputusan bersama Empat Menteri diantaranya Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Kesehatan, Menteri Agama, dan Menteri Dalam Negeri. Tentang panduan penyelenggaraan pembelajaran pada tahun 2020/2021 dimasa Pandemi atau Covid-19 saat ini.

Bupati Lahat Cik Ujang SH melalui Wakil Bupati H.Haryanto SE.MM membuat surat edaran Nomor : 420 /553/ SEKRET/ P&K/ 2020 tentang kegiatan penyelenggaraan belajar dari rumah masa Covid-19. Tertanggal 09 Juli 2020 yang ditandatangani Wabup Lahat H.Haryanto SE.MM.

Dalam surat edaran tersebut, kegiatan proses belajar mengajar pada tahun 2020/2021 pada awal tahun ajaran baru pada satuan pendidikan di tetapkan tanggal 13 Juli 2020. sesuai dengan kalender Pendidikan tetapi kegiatan tatap muka belum digelar pada Bulan Juli 2020.

Selain itu, mengingat kondisi penyebaran Virus Corona yang tak kunjung berakhir, maka kegiatan belajar mengajar tetap di laksanakan di rumah sampai dengan tanggal 03 Agustus 2020.

Pengalihan pembelajaran dari rumah dapat memanfaatkan media pembelajaran Daring, seperti rumah belajar oleh Pusdarin Kemendikbud, TV Edukasi pendidikan, program belajar di rumah melalui TVRI, video pembelajaran kemendikbud dan lain- lain.
Pembelajaran di sesuaikan dengan kalender pendidikan tahun ajaran 2020-2021.

Untuk tenaga pendidik dan kependidikan, selama peserta didik melaksanakan kegiatan pembelajaran dari rumah, tenaga pendidik dan kependidikan tetap hadir di sekolah dan mempedomani Protokol Kesehatan.

“Untuk proses belajar mengajar sesuai surat edaran Gubernur Sumsel dan Empat Mentri bagi SMA tahun ajaran 2020/2021 tetap melaksanakan pembelajaran Daring,” terang salah satu Kepsek SMA di Kabupaten Lahat

Ia mengakui, kecuali untuk kelas X yang baru tetap melaksanakan pengenalan lingkungan sekolah selama satu hari. “Yang akan dilakukan dari Tanggal 13 sampai dengan 15 Juli 2020 dan tetap mengikuti anjuran Pemerintah dan Protokol Kesehatan masa Pandemi Covid 19,” katanya. (Din)