Proyek Dipindahkan Warga Protes

Muba, Sumsel, jurnalsumatra.com – Ratusan warga desa Keramat Jaya, Kecamatan Sungai Keruh, Jum’at (20/10/2017) memblokir jalan antar Kecamatan serta melarang mobil pengangkut material milik PT. Sahabat melintasi desa mereka,

Aksi ini dilakukan sebagai bentuk kekecewaan warga terhadap kebijakan siluman atas dipindahkannya proyek jalan corbeton desa mereka ke-Desa Bukit Indah Kecamatan Plakat Tinggi, Kabupaten Musi Banyuasin (Muba).

“Titik nol pembangunan sudah ditetapkan, tiba-tiba proyek dipindahkan ke- desa Bukit Indah Kecamatan Plakat Tinggi. Hal ini menjadi pertanyaan besar bagi warga Kramat Jaya, Mekar Jaya (D-1) termasuk warga desa Rukun Rahayu (D-2). Karena pemindahan tanpa bekoordinasi dengan pihak desa.

Padahal Dinas Pekerjaan Umum dan Penata Ruang Kabupaten Muba sudah menerbitkan SPMK untuk tahun anggaran 2017, bahkan pada tanggal 28 agustus 2017 pemerintah desa Kramat Jaya telah melakukan pertemuan dihadiri, UPTD PU. PR Kecamatan Sungai Keruh. PPTK. Pihak PT. Sahabat Anugera Sejati.

Sementara dalam pertemuan tersebut membahas Peningkatan Jalan Desa Bukit Indah Kec Plakat Tinggi dan Desa Kramat Jaya-Mekar Jaya dengan volume 1.400 meter, sedangkan lokasi mutlak atau titik nol berada didesa Kramat Jaya.

Namun hari Rabu (8/10/2017) pihak kontraktor memberitahukan bahwa peningkatan jalan tersebut 630 meter untuk Desa Kramat Jaya, 500 meter Desa bukit Indah.  Disini telah terjadi kekeliruan dalam proses pengerjaan, karena titik nol desa Kramat Jaya.” Demikian dikatakan Kepala Desa Kramat Jaya Irwanto saat dibincangi wartawan Jurnal Sumatra.com  jum’at (20/10).

Menurut Irwanto pihaknya sudah memberitau secara tertulis dengan pihak-pihak terkait namun tidak ditanggapi.

“Menurut keterangan proyek yang sudah disepakati itu tidak dilaksanakan pihak kontraktor takut dengan kondisi jalan. Tapi nyatanya mobil pengangkut matrial mereka untuk peningkatan jalan Kramat jaya-Kerta Jaya bisa lewat. Hal inilah yang memicu  warga memblokade jalan untuk tidak memperbolehkan mobil pengangkut matrial milik PT SAS melintas.”Jelas dia. (Rafik Elyas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 + three =