PRSI Gelar Laga Uji Coba

   Jakarta, jurnalsumatra.com – Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) menggelar laga uji coba (test event) akuatik bertajuk CIMB Niaga Indonesia Open Aquatic Championship 2017 pada 5-15 Desember 2017 di Stadion Akuatik Gelora Bung Karno, Jakarta.
Laga itu menargetkan tiga hal yakni melihat kekurangan venue,  menguji penyelenggaraan dan menguji atlet-atlet, kata Ketua Umum PB PRSI Anindya Novyan Bakrie di Jakarta, Rabu (5/12) malam.
Terkait dengan venue Stadion Akuatik GBK yang baru diresmikan beberapa hari yang lalu, PRSI mengharapkan bisa menguji hingga hal-hal yang kecil seperti kamar mandi, tangga, dan papan skor.
“Karena walaupun kecil, hal tersebut merupakan hal yang sangat penting dan mendasar,” ujar Anin.
Dia mengharapkan laga uji coba bisa terpantau hingga hal-hal yang mendetail sehingga penyelenggaraan Asian Games 2018 bisa berjalan tanpa kendala.
Sedangkan dalam kaitannya menguji kualitas para atlet, federasi mengharapkan bisa menjaring atlet-atlet berprestasi untuk masuk pelatnas Asian Games 2018, SEA Games 2019 dan Olimpiade 2020.

    “Mudah-mudahan bisa banyak rekor terpecahkan di ajang ini oleh berbagai negara terutama Indonesia karena kita harus ingan jika berbicara akuatik, ada empat nomor serta total medalinya ada 58. Jadi olahraga akuatik ini boleh dibilang menjadi salah satu ladang medali,” ucap Anindya.
Turnamen uji coba ini akan diikuti oleh sekitar 2.000 peserta kategori senior dan kelompok umur (junior) yang berasal dari delapan negara yakni Malaysia, Vietnam, Filipina, Thailand, India, Korea Selatan, Singapura serta Indonesia.
Para peserta tersebut akan mengikuti 58 nomor pertandingan yang terbagi atas renang 41 nomor, artistik lima nomor,  loncat indah 10 nomor dan Polo air dua nomor.
Di antara 2.000 peserta itu, para atlet akuatik terbaik Indonesia juga seperti para juara SEA Games 2017 I Gede Siman Sudartawa, Triady Fauzi Sidiq, Gagarin Nathaniel Yus serta Indra Gunawan. Selain itu, ada para perenang muda yang baru tampil di SEA Age Group 2017 lalu seperti Azzahra Permatahani, Adinda Larasati Dewi, Azzel Zelmi dan Ferrel Armandio Tangkas yang juga turut meramaikan kompetisi ini.(anjas)

Leave a Reply