PSI Bengkulu Libatkan Akademisi Rekrut Calon Legislatif

    Bengkulu, jurnalsumatra.com – Dewan Pimpinan Wilayah Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Bengkulu melibatkan akademisi dalam merekrut nama-nama yang akan diusung parpol itu menjadi calon legislatif pada Pemilu 2019.
“Untuk rekrutmen, kami mengajak tiga orang panelis yakni ahli hukum Prof Dr Herlambang SH, M.hum, kemudian ahli psikologi Ainul Mardiyanti S.Psi, dan Wahyu Widiastuti M,Sc,” kata Sekretaris DPW PSI Provinsi Bengkulu, Rani Sartika, di Bengkulu, Jumat.
Ia menjelaskan PSI melibatkan para ahli dan akademisi dalam tahapan itu, sebab ingin melahirkan para politikus calon wakil rakyat yang benar-benar berkompeten, memiliki psikologi yang sehat, dan tentunya bersih serta antikorupsi.
Menjadi calon legislatif melalui PSI, lanjut dia, harus siap dengan komitmen tersebut.
Ia menjelaskan parpol itu tidak menginginkan calon yang dapat merusak citra partai yang baru memulai langkahnya di parlemen pada 2019 karena tindakan buruk, bahkan korupsi politikus.
Untuk merealisasikan politikus yang bersih, kata dia, PSI memastikan perekrutan kader tanpa mahar, sehingga tidak membebani dan membuat para calon legislatif berbuat menyimpang setelah terpilih dalam Pemilu 2019.

“Kami membuka kesempatan, untuk bakal calon legislatif ini batasan usianya bisa melebihi 40 tahun, berbeda dengan pengurus yang memang di bawah itu, yang terpenting orang yang amanah dan bersih,” kata dia.
Ketua tim seleksi bakal calon legislatif PSI Bengkulu, Prof Dr Helambang SH, M.Hum., mengapresiasi parpol yang berkomitmen mengusung politikus-politikus yang sehat, yang direalisasikan dengan melibatkan akademisi dan ahli ketika perekrutan.
“Karena ini proses rekrutmen yang baik, mengarah antikorupsi, transparan, dan bersih, makanya saya ikut di sini (menjadi tim seleksi, red.),” ucapnya.
Sebagai tim seleksi, kata dia, jika nanti parpol itu mengingkari komitmen maka dirinya menjadi orang pertama yang mengajak untuk meninggalkan PSI.
Begitu juga dengan politikus PSI yang melangar aturan, Herlambang juga akan merekomendasikan agar parpol memecat kader tersebut.(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

20 − thirteen =