PT MAS Tantang Warga, Soal Keberadaan Stockfile

Lahat, Sumsel, jurnalsumatra.com – Keberadaan Stockfile milik PT Muara Alam Semesta (MAS) yang dikeluhkan warga dusun V Desa Merapi kecamatan Merapi Barat berbuntut panjang. Pihak perusahaan menolak tuntutan uang kesehatan sebesar Rp.2 juta perbulan dan mendesak masyarakat untuk berpikir bijaksana karena mengklain stockfile lebih dulu berdiri dibanding rumah warga desa.

Manager PT MAS Syahrul melalui Humas Redi Setiadi SH menyampaikan, pihaknya mempersilakan masyarakat untuk melaporkan perusahaan ke pihak yang berwenang apabila melanggar aturan yang ada. Karena jelas pihak perusahaan tidak bisa memenuhi tuntutan masyarakat yakni membayar uang ganti rugi sebesar Rp.2 juta perbulan.

“Perusahaan berdiri disini karena sudah ada izin resmi dan kami telah berusaha semaksimal mungkin untuk menghilangkan dampak debu dari stockpile, jika dinilai kami melanggar aturan yang ada, silakan laporkan kePolisi karena lebih dulu stockfile berdiri dibanding rumah warga,” tantang Redi.

Menurutnya, masyarakat yang menuntut pemindahan stockpile tersebut karena menginginkan uang dari perusahaan dengan alasan pihak perusahaan telah memberikan dampak yang negatif kepada mereka.

“Perusahaan tidak bisa memberikan uang Cash kepada masyarakat, jika ingin uang bekerja. Kami bukan tidak peduli terhadap masyarakat, kami sudah banyak memberikan sumbangsih ke masyarakat melalui program CSR,” tegasnya lagi.

Sementara itu, salah satu pemerhati lingkungan Sumsel, Dr Azhari menuturkan laporan masyarakat percuma karena sudah pasti perusahaan yang menang, selain mereka mempunyai uang yang banyak, untuk menyewa pengacara handal, perusahaan pertambangan ternama di duga di pegang oleh para petinggi. Karena itu, ia meminta peran serta awak media dalam membantu masyarakat untuk mendapatkan hak mereka.

“Jika masalah ini sampai ke pusat, tentu pemerintah pusat tidak akan diam dan langsung turun tangan untuk menyelesaikan masalah kedua belah pihak,” teriak Dr Azhari. (Din)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 × 4 =