PTBA Buka Pagelaran Lomba Rakit Tradisional

Lahat, Sumsel, jurnalsumatra.com – Pagelaran lomba rakit tradisional yang digelar oleh PT Bukit Asam (Persero) Tbk, Minggu (5/8/2018), kemarin, menarik dan patut di Apresiasi. Pasalnya, perlombaan rakit berbeda dengan pagelaran yang biasa disaksikan masyarakat pada umumnya.

Perusahaan milik BUMN ini, menggelar kegiatan tersebut, dengan cara peserta mengumpulkan sampah sampah plastik sepanjang aliran Sungai Enim. Lomba rakit tradisional itu, dibuka langsung Direktur Operasi dan Produksi PTBA, Suryo Eko Hadianto, yang berlokasi di fasilitas sosial PTBA Tanjung Enim.

Turut hadir dalam acara itu, unsur Pemerintah Kabupaten Muara Enim dan Kecamatan Lawang Kidul. Dengan jumlah peserta tak kurang dari 70 Tim, dan dalam satu Tim nya berjumlah dua orang, yang datang dari tiga Kabupaten diantaranya, Muara Enim, Lahat, dan Banyuasin.

Sebelum perlombaan dimulai, panitia memberikan dana kepada puluhan peserta Tim untuk menghias dan mempercantik rakit mereka masing masing, berdasarkan ketentuan yang diatur oleh Panitia Penyelenggara.

Peserta yang dinyatakan sebagai pemenang juga harus memenuhi kriteria tertentu. Salah satunya, Tim ini harus mengumpulkan sampah plastik sebanyak mungkin. Sepanjang rute Sungai Enim mulai dari titik Start di Pulau Yahya wilayah Desa Keban Agung hingga titik Finis di belakang fasos PTBA Tanjung Enim.

“Untuk total pesertanya berkisar 70 Tim, yang datang dari tiga Kabupaten, Lahat, Muara Enim, dan Banyuasin. Bagi peserta yang banyak mengumpulkan sampah plastik maka merekalah yang keluar menjadi pemenangnya, ” kata ketua panitia Amarudin, disela sela kegiatan ketika dibincangi wartawan.

Diperlombakannya kegiatan ini, menurutnya, merupakan salah satu kegiatan dari rangkaian kemeriahan memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia (HLHS) yang telah digelar sejak 6 Juni lalu.

“Yang mana tujuan utamanya, untuk mensosialisasikan kepada masyarakat agar sadar dan menjaga sungai dari limbah rumah tangga, terutama limbah plastik,” ujar Amarudin.

Sementara, Direktur Operasi dan Produksi PTBA, Suryo Eko Hadianto berharap, kegiatan ini dapat menjadi agenda rutin tahunan yang dapat menarik kunjungan wisata ke Tanjung Enim.

“Semoga dengan kemerihan acara ini, serta dengan tumbuhnya Tanjung Enim sebagai Kota tujuan wisata, maka akan tumbuh ekonomi baru di Tanjung Enim. Untuk di tahun tahun berikutnya dapat dijadikan Agenda rutin, ” harap Suryo Eko Hadianto. (Din)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

one × one =