PTTUN Medan Sidangkan Gugatan Bakal Cagub

     Medan, jurnalsumatra.com – Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara Medan menggelar persidangan gugatan bakal calon gubernur Sumatera Utara JR Saragih terhadap Komisi Pemilihan Umum di Medan, Jumat.
Namun persidangan Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara (PTTUN) Medan tersebut digelar secara tertutup.
Persidangan itu dihadiri kuasa hukum JR Saragih, sedangkan dari tergugat hadir dua anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumut Iskandar Zulkarnain dan Benget Manahan Silitonga.
Usai persidangan, anggota KPU Sumut Benget Silitonga mengatakan, kegiatan yang digelar PTTUN Medan tersebut masih prasidang.
KPU Sumut masih akan mempelajari lebih lanjut dengan tim hukum mengenai gugatan yang diajukan bakal cagub JR Saragih.
Ichwaluddin Simatupang selaku kuasa hukum JR Saragih menjelaskan bahwa majelis PTTUN tidak mempersoalkan tentang rekomendasi Bawaslu Sumut sehingga  mereka diberi ruang untuk tetap menjalankannya.

     Gugatan yang diajukan ke PTTUN Medan tersebut merupakan bentuk antisipasi bakal cagub yang tidak diloloskan  KPU itu dari kemungkinan terburuk.
“Ini ‘kan masalah waktu. KPU kemaren pada tanggal 14 Januari minta kepada Dinas Pendidikan untuk menjawab surat, surat itu baru diterima KPU 26 Januari. Lalu,, kalau kita mengalami hal yang sama gimana? Jadi kita kan harus ada alternatif,” ucapnya.
Namun jika pelaksanaan putusan Bawaslu Sumut berjalan dengan baik, pihaknya akan mencabut gugatan dari PTTUN Medan tersebut.
Sebelumnya, KPU menyatakan pasangan bakal cagub-cawagub JR Saragih-Ance tidak memenuhi syarat sebagai calon dalam pemilihan gubernur Sumut karena tidak memenuhi ketentuan legalisasi ijazah SMA.
Setelah mengajukan permohonan sengketa pilkada, Bawaslu Sumut mengeluarkan putusan berupa mengabulkan sebagian gugatan dengan memerintahkan bakal cagub JR Saragih untuk melakukan legalisasi ijazah kembali ke Dinas Pendidikan DKI Jakarta.
Namun sebelum legalisasi ijazah itu dilakukan, JR Saragih justru mengajukan gugatan ke PTTUN Medan.(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

10 − 2 =