Puluhan Kades Dilantik dan Diambil Sumpah

Lahat, jurnalsumatra.com – Sedikitnya ada 79 kepala desa (Kades) yang terpilih saat melaksanakan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) pada 31 Oktober 2019 secara serentak di Kabupaten Lahat, Selasa (3/12/2019) resmi dilantik dan diambil sumpah.

Acara tersebut digelar pada pukul 09.00 WIB dipusatkan di Pendopoan Rumah dinas Bupati Lahat. Yang dihadiri Forkompindo Lahat dan para istri kepala desa (Kades).

Bupati Lahat Cik Ujang menyampaikan, agar 79 kepala desa di Kabupaten Lahat dalam menerapkan dana desa tidak ada lagi terkesan menoton. Fisik yang kerap dilaksanakan dilapangan yakni, pembangunan Jl Setapak.

“Dak mungkin, setiap tahun pekerjaan membangun Jl Setapak melulu. Rasanya masih banyak setiap Desa titik titik yang bisa dikerjakan. Jangan kesannya menoton,” pesan Cik Ujang dalam sambutannya.

Apapun bangunanya, dijelaskan Bupati Lahat, boleh, tapi tidak harus setiap tahun hanya Jl Setapak. Intinya, penggunakan dana desa tersebut, jangan dihabiskan hanya untuk satu pekerjaan saja.

“Karena, dana desa yang dikucurkan oleh Pemerintah Pusat itu, untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat masing masing desa. Seperti membangun Bumdes dan kegiatan fisik lainnya,” tambah Cik Ujang.

Yang tak kalah penting, sambung mantan politisi dari Partai Demokrat ini, para kepala desa (Kades) yang baru dilantik dan disumpah tidak lalai dalam menjalankan tugasnya.

“Harus amanah dalam menjalankan roda Pemerintahan. selain harus bertanggungjawab selaku Kades juga kepada Keluarga. Karena, saya sudah banyak menerima laporan dari istri istri kades bahkan ada yang secara langsung datang mengatakan suaminya sejak menjabat kades jarang pulang, dan ada yang sudah memiliki istri lebih dari satu,” tanya Cik Ujang disambut tawa puluhan Kades yang ada.

Yang jelas, dikata Cik Ujang saat pemilihan berlangsung saingan pasti ada. Oleh sebab itu, kades dapat menjadi contoh yang baik ditengah tengah masyarakat.

“Silakan saja, bagi Kadea terpilih dapat merangkul bagi lawan lawannya ketika Pilkades. Sekali lagi atas nama Pemkab Lahat saya ucapkan Selamat bagi 79 Kades yang secara resmi telah dilantik, jalankan pengabdiannya terhadap warga dengan sebaik baik mungkin,” pungkas Bupati Lahat. (Din)